Inilah Kapal Pesiar Bersertifikat Halal di Eropa

gomuslim.co.id- Perkembangan pariwisata halal kini menjadi lahan industri yang menjanjikan di beberapa negara dunia. Salah satu konsumen potensial industri ini adalah wisatawan muslim di Asia Tenggara dan Timur Tengah. Karena itu, banyak negara berusaha menarik minat mereka dengan berbagai cara, tak terkecuali dengan industri kapal pesiar.

Saat ini, wisata cruise alias wisata di atas kapal pesiar menjadi cara baru pilihan liburan. Apalagi, industri produk halal yang semakin naik daun saat ini membuat para operator kapal pesiar turut mengikuti perkembangan pasar.

Adalah Costa Cruise, salah satu perusahaan cruise terbesar dari Eropa yang saat ini sedang berusaha meningkatkan dan menggarap pasar wisatawan muslim tersebut. Salah satunya adalah dengan menyajikan makanan halal. Bahkan, Costa Victoria, salah satu armada dari Costa Cruise Asia, telah mendapat sertifikat Halal Kitchen dari Penang International Halal Pub yang berlaku dari 22 Oktober 2016 hingga 8 Januari 2017 mendatang.

Sebelumnya, dalam meraih sertifikat Halal Kitchen tersebut perusahaan kapal pesiar ini harus melewati serangkaian regulasi yang tak mudah. Costa Victoria yang aktif bekerja sama dengan Penang International Halal Pub harus memastikan bahwa dapur Costa Victoria berkualifikasi halal, antara lain dalam pemilihan desain menu halal, pemilihan bahan makanan yang halal, training tim operasional, cara mencuci di dapur yang halal, serta pengecekan dan persetujuan dari Penang International Halal Pub.

Adapun, sertifikat Halal Kitchen diberikan kepada Costa Victoria karena sudah memenuhi beberapa kriteria, di antaranya Costa Cruise sudah menjamin semua bahan-bahan yang digunakan dan supplier makanan bersertifikat halal, produk makanan dijamin bebas dari bahan yang tidak halal di keseluruhan proses produksinya, mulai dari persiapan, penanganan, pengolahan, pengemasan, dan pembersihan perkakas, serta terdapat dua orang chef muslim dari Malaysia yang bekerja fulltime untuk menjamin bahwa seluruh proses produksi sesuai dengan kriteria sertifikat halal yang sudah ditentukan.

"Costa Asia sangat antusias untuk meningkatkan pelayanannya dengan dapur bersertifikat halal di Costa Victoria. dan untuk pertama kalinya pemberangkatan dari Penang. Selama lebih dari 10 tahun terakhir, Costa Asia telah memberikan pengalaman yang eksklusif dengan nuansa 'Italy at Sea' bagi wisatawan Asia untuk bersenang-senang dan berlibur. Sebagai pemimpin pasar di industri cruise, kami selalu berusaha memberikan produk dan pelayanan dengan kualitas yang prima untuk membawa penumpang kami menikmati liburan perjalanan di laut yang tidak akan terlupakan," jelas Buhdy Bok, Presiden Costa Group Asia, seperti dilansir dari publikasi VenueMagz.

Untuk diketahui, keunggulan kapal pesiar ini di antaranya penumpang muslim yang berlibur di Costa Victoria akan dimanja dengan makanan halal yang tersedia di lima restoran yang beroperasi 24 jam dan tersedia secara gratis. Mayoritas makanan yang disajikan adalah menu Italia karena kapal pesiar ini berasal dari Italia.

Kapal pesiar ini memiliki 5 restoran yang siap melayani ribuan penumpang secara bergantian. Pada lantai 11 ada Bolero Buffet Restaurant, sedangkan di lantai lain ada restoran a la carte yang makanannya sangat berkelas. Bahkan, pada malam terakhir, pihak Costa memberi bonus masakan lobster yang lezat.

Ada juga, restoran yang tak boleh diabaikan adalah La Tavernetta Pizzeria. Restoran di lantai 12 yang buka mulai pukul 22.00 hingga sekitar pukul 05.00 itu menyediakan handmade pizza dan calzone yang sangat lezat. Pizzeria juga menyediakan noodle soup yang rasanya tiada dua.

Jika dibandingkan berlibur di darat, liburan di atas Costa Victoria tergolong jauh lebih murah. Dengan biaya paket 5 hari 4 malam antara Rp 5 juta hingga Rp 14 juta (bergantung pada tipe kabin yang dipilih), penumpang bisa menikmati banyak hiburan gratis, fasilitas layaknya hotel bintang lima, dan makanan yang disajikan 24 jam non stop. (fau/venue/dbs)


Back to Top