Masjid Portable Jadi Solusi Supporter Muslim Dirikan Shalat di Stadion Pakansari

gomuslim.co.id- Ibadah shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Di mana pun berada, rukun Islam kedua ini harus tetap dilaksanakan. Tidak terkecuali di tempat-tempat umum yang jauh dari masjid atau mushala seperti stadion. Baru-baru ini, ada fasilitas masjid portable yang memudahkan umat Islam untuk menunaikan shalat.

Keberadaan fasilitas ini sangat membantu para supporter yang beragama Islam saat menyaksikan pertandingan sepakbola di Stadion. Pemandangan unik pun terjadi di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat saat pertandingan Final Piala AFF antara Indonesia yang behadapan dengan Thailand, Rabu (14/12). Puluhan muslim tampak menunaikan shalat di masjid portable itu.

Koordinator Masjid Portable Wilayah Jakarta, Ridwan mengatakan, masjid tersebut merupakan sebuah mobil yang difasilitasi oleh Yayasan Masjid Nusantara. Yayasan yang berdiri di Bandung pada 2013 ini berinisiatif memberi fasilitas kepada penonton muslim yang datang langsung ke Stadion Pakansari.

“Kebetulan belum banyak orang yang tahu, jadi kami sekalian memperkenalkan diri. Dan karena di sini belum ada yang tahu ada mobil masjid, mungkin tidak paham dan belum mengerti, jadi kami yang mengejar mereka. Contohnya seperti pembukaan PON XIX lalu di Bandung, kami langsung ke sana saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ridwan menuturkan hal ini merupakan kali pertama keberadaan masjid portable di Stadion Pakansari. Pada semifinal lalu, mereka tidak bisa hadir sebab ada acara lain yang tidak kalah penting. “Kebetulan waktu itu bentrok sama kegiatan lainnya. Jadi tidak bias datang ke stadion ini. Alhamdulillah tadi saya sampai di sini sekitar jam satu lewat, langsung banyak yang izin salat. Sudah ada 20 orang lah yang datang,” katanya.

Menurut Ridwan, keberadaan masjid portable ini jelas amat membantu masyarakat yang ingin beribadah di Stadion Pakansari. Pasalnya, di stadion berkapasitas 30 ribu kursi itu masih amat minim fasilitas yang bisa digunakan, salah satunya keberadaan tempat salat. “Insya Allah akan sangat membantu bagi umat Islam yang hadir di Stadion ini,” ucapnya.

Sebagai informasi, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) merupakan institusi naungan Rumah Zakat (RZ). YMN adalah institusi pembangun dan masjid professional yang mengajak masyarakat untuk mendirikan masjid dengan tujuan menghadirkan tempat ibadah yang bersih dan nyaman di atas tanah wakaf.

Sementara itu, terkait mobil masjid milik YMN ini sendiri mulai beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Dengan adanya mobile Masjid ini, diharapkan YMN dapat memberikan solusi ibadah shalat di lokasi yang jauh dari masjid, seperti lokasi bencana, acara publik, stadion bola hingga konser musik.

Saat ini YMN telah memiliki dua unit mobile Masjid yang beroperasi di Bandung dan Jakarta. Setiap unit mobil menyediakan fasilitas berupa tempat wudhu, karpet, sajadah, sarung, dan mukena. (njs/dbs)


Back to Top