Gelar Tahsin Alquran, Begini Cara Polsek Jambi Lembutkan Hati Personelnya

gomuslim.co.id- Selain bagian dari mukjizat nabi, Alquran juga bisa mengobati hati setiap manusia. Kitab suci umat Islam ini bernilai ibadah meski hanya dengan mendengar. Apalagi jika barengi dengan membaca, mempelajari atau bahkan mengamalkan isi kandungannya. Baru-baru ini, Kepolisian Sektor (Polsek) Bangko, Jambi membuat program “Polsek Bangko Mengaji”. Kegiatannya  berupa tahsin Alquran atau memperbaiki bacaan Alquran.

Sejumlah personil dan jajaran Polsek Banko turut serta dalam kegiatan keagamaan perdana tersebut. Kapolsek Bangko AKP Agung Tri Adiyanto SIK memimpin jalannya acara bertajuk “Al quran Melembutkan Hati yang Keras dan Menyembuhkan Hati yang Luka” itu. Kegiatan yang digelar di Mushala Catur Sakti Jalan Perwira, Bagansiapiapi ini rencananya akan secara rutin dilakukan.

“Alhamdulillah, di mushala terdekat di lingkungan Polsek Bangko ini kita memulai sesuatu yang sangat mulia. Saya berharap agar kegiatan memperbaiki bacaan Alquran ini bisa dilaksanakan secara rutin dan semakin ramai personel yang ikut kedepannya,” ujarnya.

Agung menilai, dengan mempelajari dan memahami Alquran yang benar dapat mencerminkan kualitas beragama seseorang. Menurutnya, semakin bagus kualitas beragama seseorang maka akan berefek pada semakin baik akhlaknya termasuk sikap dan mental seorang personel Polri dalam melaksanakan dinas sehari-hari.

“Tentunya dengan hal ini juga diharapkan dapat menjadi personel yang jujur serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Karena mereka sadar bahwa apa yang personel lakukan akan dipertanggungjawabkan kepada Allah dan bukan kepada pimpinannya saja. Jadi harapan saya kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah,” katanya.

Selain itu, kata dia, jika qalbu sehat maka sehat pula semua pada diri para personel. Dengan demikian solusi terbaik untuk menyehatkan qalbu adalah dengan cara mendekatkan diri dengan Alquran. “Dengan harapan agar Allah menjaga iman kita dan mengikhlaskan niat kita untuk mengabdi kepada negara ini dengan sebaik mungkin sebagai amanah,” ucapnya.

Kegiatan Tahsin ini tidak hanya diikuti oleh personel Polri saja akan tetapi diikuti instansi lain baik negeri maupun swasta serta terbuka juga untuk umum. Hal ini dapat meningkatkan sinergisitas antar instansi maupun ukuwah yang baik kepada masyarakat. Dimana, selain berbaur dalam mendalami dan memperbaiki bacaan Alquran, juga akan terjalin hubungan baik antara Polri dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Bangko juga telah menunjuk Bripka Oky Fitroyudi sebagai Ketua Mushala dan Pembina Kegiatan Tahsin. “Mushala Catur Sakti sudah memiliki pustaka mini. Alhamdulillah kita sudah menerima puluhan buku-buku Syar'i dari hamba Allah dan Alhamdulillah kemarin kita juga menerima 10 Mushaf Alquran cetakan Madinah dari hamba Allah,” kata Oky.

Bripka Oky Fitroyudi menyampaikan bahwa kelas Tahsin dibuka sebanyak 2 kelas, yang akan bertindak sebagai guru Tahsin adalah Ustadz Muhammad Ridho Julkar, yang merupakan murid dari Ustadz Murtadho. “Mushala ini masih kekurangan Alquran (Mushaf Cetakan Madinah) dan buku-buku Syar’i. Kemudian kami juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa Mushala Catur Sakti ini terbuka untuk umum, baik untuk menimba ilmu maupun untuk menunaikan sholat berjamaah,” imbuhnya. (njs/dbs)


Back to Top