Rayakan Hari Jadi, Bukittinggi Siap Gelar Event Hijab

gomuslim.co.id– Salah satu event bagi para hijaber di Bukitinggi yakni Bukittinggi berhijab akan ikut memeriahkan hari jadi kota Bukittinggi ke-232 yang jatuh pada 22 Desember mendatang, dengan peme­ran sinetron Dude Herlino juga dijadwalkan akan ikut hadir dalam kegiatan Bukittinggi berhijab ini.

Bukittinggi berhijab sendiri meru­pa­kan salah satu rangkaian acara peringatan hari jadi kota Bukit­tinggi yang akan digelar pada 24 Desember mendatang. Kegiatan yang digadang-gadang akan meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) terse­but, bakal diikuti oleh 10.000 peserta yang berasal dari 24 kelurahan yang ada di Bukit­tinggi.

Sekretaris Disbudpar Bukittinggi, Emil Anwar mengatakan bahwa event Bukitinggi berhijab ini merupakan sebuah event besar dan bekerjasama dengan salah satu brand busana muslim, Zoya. “Bukittinggi berhijab yang diselenggarakan bekerja­sama dengan salah satu produk hijab ternama asal Bandung yakni Stylish Zoya Bandung, dengan tutor nya artis ibukota Dude Herlino,” kata Emil yang didampingi Panitia Pelaksana Mirawati, (15/12)

Sementara itu, untuk peserta Bukittinggi berhijab ungkap Emil, melibat­kan TP-PKK, Dekranasda, Dharmawanita, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), organisasi masyarakat, orga­nisasi wanita, pelajar, serta mahasiswa se-Kota Bukittinggi.

Menurut Emil, Bukittinggi berhijab adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengajak ma­syarakat Bukittinggi dan wisa­tawan yang berkunjung untuk menggu nakan penutup aurat atau yang lebih dikenal dengan istilah hijab.

Hal ini sejalan dengan falsa­fah minangkabau adat basandi syarak, syarak basandi kitabul­lah. Artinya melalui momen HJK ini Pemko dan Panitia akan semakin menghidupkan syiar Islam di Kota Bukittinggi teru­tama dengan penggunaan pakai­an yang sopan dan sesuai de­ngan kaidah agama dan adat istiadat. Di samping itu penye­lenggaraan Bukittinggi berhijab tersebut bertujuan untuk sema­kin memantapkan Bukittinggi sebagai kiblat fashion muslim di Indonesia.

Dalam kegiatan Bukittinggi berhijab, Stylish Zoya Bandung sebagai iven organiser Bukit­ting­gi berhijab, nantinya akan memberikan pelatihan bagaima­na cara memakai hijab yang baik, termasuk dari segi penata­an, dan model yang sesuai dari segi usia, dan keperluan kemana hijab itu akan dipakai.

“Kegia­tan Bukittinggi Berhijab 2016 akan diisi dengan kegiatan Jalan Sehat dan Gerakan Pungut Sam­ pah di jalan-jalan strategis yang ada di Bukittinggi, lalu dilanjut kan Sharing Tutorial Hijab stylist ZOYA,” terang Emil.

Panitia Pelaksana Mirawati mengungkapkan, Bukittinggi berhijab akan dimulai pukul 06.00 pagi dengan menggelar senam zumba di Lapangan Wirabraja. Keudian dilanjutkan dengan acara seremonial seperti jalan sehat dan aksi pungut sampah menuju pelataran Jam Gadang. Kegiatan juga diisi denganb hiburan dan penarikan doorprize. “Bukittinggi berhijab juga dimeriahkan artis artis Dude Herlino dan Yogi KDI. Serta akan ada lounching brand busana muslim shafira corpo rate yang akan dihadiri Ketua TP-PKK Sumbar Ny. Nevy Irwan Prayitno,” ungkap Mira.

Peringatan hari jadi kota Bukittinggi  ke 232, rencananya juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti pacu kuda, panggung hiburan rakyat, marching band, Bukittinggi Marandang dan Makan Bajam ba di Pelataran Jam Gadang. (ari/dbs)


Back to Top