Gaet Konsumen Muslim, Negara Belarusia Eropa Butuh Sertifikasi Halal di Pasar UEA

gomuslim.co.id- Industri produk halal kini tengah naik daun, mulai dari produk makanan dn minuman, fashion, kecantikan hingga yang tengah menjadi buah bibir adalah wisata halal. Wisata halal sendiri bukan hanya tersedia di berbagai negara yang mayoritas penduduknya menganut agama islam saja, tapi banyak juga negara dengan minoritas penduduk muslim yang menyajikan tempat wisata halal.

Beberapa negara dengan penduduk non muslim yang menjadi mayoritas justru lebih siap dalam menggarap destinasi halal atau yang kerap disebut sebagai wisata halal. Selain menyajikan restoran halalhadirnya sertifikasi halal juga sangat penting dalam memberikan rasa aman bagi para wiatawan muslim.

Bukan hanya itu, ketersediaan sertifikat halal akan sangat membantu Belarusia, salah satu negara di eropa untuk mendistribusikan makanan ke pasar UEA dan pasar negara muslim lainnya. Pernyataan ini dibuat oleh konselor perdagangan dari Kedutaan besar Belarus di UEA Igor bondarev pada sebuah seminar internasional yang diadakan di sebuah Hotel yang dihadiri oleh Kementrian Pertanian dan Makanan Belarusia pada 14 Desember lalu.

Dilansir dari situs Belarus News, seminar ini dihadirkan untuk membahas sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman. Selain itu, Igor Bondarev juga mendorong produsen makanan di Belarusia untuk semakin menseriusi minat dalam menjelajahi pasar UEA.

"Selama 20 tahun terakhir, Uni Emirat Arab sangat serius dalam mengembangkan infrastruktur Pelabuhan serta kemampuan mendistribusikan kembali dan telah menetapkan Ikatan yang kuat dengan negara-negara diseluruh Timur tengah. Inilah sebabnya mengapa jika kita berbicara tentang menjelajahi pasar UEA, kita harus mempertimbangkan kembali potensi ekspor, yang meliputi negara-negara seperti India, Iraq, Iran, dan Pakistan," kata konselor perdagangan.

Untuk diketahui, beberapa perusahaan di Belarusia sendiri sudah berusaha untuk mendapatkan halal sertifikat. Bahkan, perwakilan dari sekitar 40 perusahaan ikut ambil bagian dalam seminar ini. Produsen Belarusia akan mendapatkan informasi yang lebih terperinci tentang pasar makanan halal dari Teluk Persia, perkembangan terbaru dari tren pasar halal, dan persyaratan sertifikasi dan kualitas produk.

Sementara itu, menurut Direktur eksekutif RACS ( perusahaan sertifikasi halal asal UEA)  Hamed Jamal, produk dari produsen Belarusia akan sangat diminati di UEA terutama karena kualitas mereka yang tinggi. Selain itu, Ia juga melihat adanya prospek bagus untuk penjualan air dan produk pertanian, terutama daging unggas.

Hamed Jamal juga membuat peserta seminar sangat ‘dekat’ dengan standar sertifikasi halal yang diakui secara internasional, yakni sebuah standar yang digunakan dalam UEA, dan kekhasan sertifikasi halal di Belarus. Seminar ini juga membuat perusahaan dan National Center for Marketing and Price Studies atau Lembaga Pemasaran Nasional Belarusia berhasil menandatangani Memorandum of  Undrstanding (MoU)

Pada sesi ketiga dari seminar ini akan membahas pendekatan kerjasama antar pemerintah  Belarus dan UEA yang akan berlangsung di Minsk dalam beberapa hari ke depan. (ari/dbs)


Back to Top