Begini Wajah Baru Masjid Raya Baiturrahman Aceh

gomuslim.co.id- Masjid Raya Baiturrahman sampai saat ini masih terus diperbaharui. Kini terdapat banyak perubahan setelah bencana yang terjadi pada 2004 tersebut. Masjid ini masih berdiri tegak di tengah bencana tsunami yang melanda Banda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Masjid itu masih tahap pembangunan, terdapat banyak pekerja yang beraktivitas di pelataran masjid.

Sementara, di dalam ruang masjid, tampak sepasang pengantin yang tengah melaksanakan ijab qabul. Pasalnya banyak calon pengantin yang melangsungkan pernikahannya di masjid yang menjadi icon kota Banda Aceh ini.

Bangunan Masjid Baiturrahman kini tampak lebih megah dan lebih besar dibandingkan pada saat terjadi tsunami. Begitu juga interior masjid, kini dilengkapi payung-payung raksasa seperti Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah, Arab Saudi.

Salah seorang pekerja yang bertanggung jawab dengan kelistrikan, Mainur mengatakan kalau Masjid Raya Baiturrahman akan diperbaharui seperti halnya Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram di Makkah. 

"Saya yang bertanggung jawab terkait kelistrikan. Ini dilengkapi dengan payung-payung, terus pemasangan lampu, AC. Banyak yang bilang sekarang Masjid Baiturrahman mirip Masjid Nabawi," ungkap Mainur.

Mainur ikut bekerja untuk memperbaharui masjid tersebut sudah sejak awal, tepatnya akhir tahun 2015 hingga saat ini. Menurutnya, model baru Masjid Raya Baiturrahman tersebut ditargetkan akan selesai tahun depan.

"Ditargetkan Insya Allah selesai tahun 2017," katanya.

Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh dianggap salah satu dari 100 masjid paling menakjubkan di dunia. Di depan Masjid itu tampak tertulis sebuah peringatan bahwa masyarakat yang ingin memasuki masjid tersebut harus berbusana Muslim atau Muslimah. Masjid itu sangat sakral bagi masyarakat Muslim Aceh.

Karena itu, Masjid Baiturrahman juga kerap dijadikan sebagai tempat digelarnya suatu pernikahan. "Setiap hari di sini pasti ada yang nikah, karena bagi warga Aceh di sini Sakral," tutur Mainur.

Yusuf, salah satu warga Aceh mengaku untuk melangsungkan akad nikah di Masjid tersebut hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 300 ribu. Jika ada masyarakat yang ingin menikah di Masjid ini tidak perlu menghambur-hamburkan uang seperti halnya yang digelar di gedung besar nan mewah. “Biayanya hanya sekitar 300 ribu saja," pungkas Yusuf.

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India ini, terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

Pada masa Kesultanan Aceh Darussalam, Selain Masjidil Haram di kota suci Makkah, Masjid Raya Baiturrahman ini juga menjadi salah satu pusat pembelajaran agama Islam yang dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mempelajari Islam dari seluruh penjuru dunia. (nat/dbs)


Back to Top