Saling Bersinergi, Ikatan Jurnalis Lintas Media Galang Dana untuk Bangun Masjid Tahan Gempa di Aceh

gomuslim.co.id- Sejak terjadinya gempa bumi berskala 6,4 Skala Richter, Rabu (7/12) silam di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Ikatan Jurnalis Lintas Media (IJLM) hingga melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa bumi. Setelah meninjau langsung ke lokasi, kelompok wartawan itu pun berencana membangun masjid dan Mushala anti gempa.

"Selain membantu korban gempa, kita juga rencananya ingin membantu pembangunan masjid anti gempa," ungkap Hasan Alhabshy, selaku Sekjen Ikatan Jurnalis Lintas Media (IJLM).

Saat melakukan peliputan di Pidie Jaya belum lama ini, IJLM melihat masih banyak masjid di daerah tersebut yang belum memiliki struktur bangunan tahan gempa. Karena itu, IJLM ingin mewujudkan masjid anti gempa tersebut.

"Kami melihat banyak masjid yang belum memiliki stuktur bangunan tahan gempa sehingga banyak yang hancur saat gempa besar terjadi," jelas Hasan.

Hasan menuturkan pada saat melakukan tugas peliputan IJLM juga sempat melihat semangat warga Pidie Jaya yang beribadah di depan reruntuhan masjid mereka. Kondisi itu pun membuat hati wartawan yang tergabung dalam IJLM terketuk untuk kembali mengajak para donatur ikut menyumbang pembangunan masjid.

"Kebutuhan akan tempat ibadah di kota serambi Makkah ini sangat luar biasa, beberapa warga bahkan langsung membangun mushalla darurat pascagempa dengan bahan seadanya," ungkap Hasan menjelaskan.

Pihaknya berpendapat bahwa pembangunan tempat ibadah di wilayah yang sering terjadi gempa tersebut harus mempertimbangkan struktur bangunan tahan gempa. Dengan sumbangan dari para donatur, nantinya pihaknya bertekad akan membangun masjid tahan gempa tersebut.

 

"Kami akan berusaha mewujudkan keinginan ini, dan jika dana yang terkumpul tidak mencukupi untuk membangun masjid dana akan kami alihkan untuk pembangunan masjid lainnya di Aceh," katanya.

Hasan dan bersama para jurnalis lainnya kerap meliput kegiatan bencana, sehingga terbentuklah perkumpulan yang dinamakan Ikatan Jurnalis Lintas Media. Ia pun saat ini masih menggalang dana melalui laman Hyperlink: www.kitabisa.com/peduligempaaceh

"Untuk bantuan berupa sembako yang sudah kami salurkan dan kami pertanggungjawabkan bisa diakses di link tersebut," pungkas Hasan.

Adapun, Ikatan Jurnalis Lintas Media (IJLM) adalah organisasi jurnalis gabungan jurnalis dari berbagai media nasional baik itu televisi, radio dan online yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Organisasi ini berusaha membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan yang ditemui saat liputan di lapangan baik saat liputan becana ataupun liputan lainnya.

Saat ini Hasan Alhabsy yang seorang jurnalis detik.com menjabat sebagai Sekjen Ikatan Jurnalis Lintas Media (ILJM). Kantor kesekertariatannya berada di Jalan mesjid bendungan 1 no.3D Cawang – Jakarta Timur. (nat/dbs)


Back to Top