Dorong Pelaku Usaha UMKM Miliki Sertifikasi Halal, Jakarta Halal Food Festival 2016 Siap Digelar

gomuslim.co.id- Sertifikasi Halal sangat penting untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Upaya tersebut diyakini dapat meningkatkan daya saing industri produk halal di tengah persaingan yang semakin ketat. Khususnya bagi mereka yang bergerak di bidang kuliner. Terlebih, pertumbuhan usaha halal di DKI Jakarta semakin pesat.

Ketua Kawasan Halal MUI Jakarta Muhammad Lukman Mashuri mengatakan, saat ini masih banyak pelaku industri kuliner, terutama pada skala kecil dan menengah, yang belum memiliki sertifikasi halal. “Menurut UU nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal, semua produk yang dipasarkan di Indonesia harus bersirtifikat halal, tetapi jumlah saat ini masih kecil sekali, baru sekitar 3.000 - 4.000 UMKM dari ratusan ribu usaha yang ada di Jakarta,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Lukman mengungkapkan kini pihaknya tengah membentuk kawasan halal di DKI Jakarta sebagai pilot project untuk mensosialisasikan sertifikasi halal bagi para pelaku usaha kuliner. Sejumlah lokasi di Jakarta yang di desain menjadi kawasan halal seperti Tebet, Pondok Indah dan Blok S di Jakarta Selatan, area PRJ Kemayoran di Jakarta Pusat, serta Islamic Center di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Di Singapura sudah ada kawasan khusus halal ini. MUI DKI sekarang membentuk dan kita harapkan ke depan isinya tidak hanya khusus makanan, tetapi juga produk lain seperti fesyen halal, kosmetik dan lainnya,” tambahnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Koordinator Auditor LPPOM MUI DKI Jakarta Yanti Dasa Pratiwi mengatakan, selain karena kesadaran yang belum tinggi, UMKM juga umumnya terkendala sertifikasi halal dari segi biaya. Pasalnya, proses sertifikasi untuk UMKM minimal membutuhkan dana Rp200.000 untuk formulir serta Rp2,5 juta untuk tiap 10 item produk yang diuji.

“Tadinya ada kerja sama dan bantuan dari Kementerian Koperasi untuk membantu sertifikasi halal 3.500 UMKM, tetapi tahun ini tidak ada programnya. Mudah-mudahan tahun depan akan ada lagi, sebab sertifikasi halal UMKM ini menjadi perhatian bersama,” tuturnya.

Sementara itu, dalam rangka menanggapi persoalan tersebut, Jakarta Halal Food Festival (JHFF) 2016 akan digelar pada 17 hingga 18 Desember 2016 di Blok M Square, Jakarta. Rizky Diansyah selaku Ketua Panitia JHFF 2016 mengatakan, ajang yang untuk pertama kali diadakan ini bertujuan untuk lebih mempersiapkan UMKM dan UKM kuliner dalam menghadapi persaingan global.

“JHFF 2016 akan diadakan di venue outdoor (terbuka) dengan konsep bazaar makanan dan minuman. Dalam dua hari acara, kami menargetkan lebih dari 4.000 pengunjung yang hadir,” ujarnya.

Melalui acara ini ia berharap jumlah industri kuliner di Jakarta yang telah memiliki sertifikasi halal meningkat. Seperti diketahui, dengan adanya sertifikasi halal tentu akan menjadi nilai tambah serta hal positif bagi pelaku industri kuliner.

Perhelatan JHFF 2016 ini juga bertujuan untuk memberikan jalur dan wadah bagi pengusaha kuliner supaya dapat mengetahui lebih jauh tentang halal dan mendapatkan kemudahan fasilitas dalam proses sertifikasi Halal. “Untuk yang belum tersertifikasi, JHFF akan memfasilitasi agar mendapatkan sertifikasi halal tersebut," katanya.

Sedikitnya akan ada 30 tenant makanan dan minuman yang akan hadir. Acara JHFF 2016 akan dimeriahkan oleh berbagai macam hiburan dan talk show. Mulai dari music tradisional Cilacap (Calung), Jazz Gathering, Sweet Rock Memories Band, Lawas Nite, Halal Cooking Competition, Halal Cooking Demo, Nasyid Competition dan lainnya.

Selain acara hiburan dan lomba, juga akan diadakan talk show seputar Halal dan Industri Kuliner Halal, dengan pembicara perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta, komunitas serta asosiasi dan pelaku kuliner.

JHFF 2016 juga didukung penuh oleh banyak pihak. Di antaranya MUI DKI Jakarta, LPPOM DKI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia DKI (JPMI DKI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI, KNPI DKI, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Indonesia Halal Center, Asosiasi Chef Halal, Surga pruener serta beberapa komunitas halal yang ada di Indonesia. (njs/dbs)

 


Back to Top