Ukir Prestasi Nasional, Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pidie Aceh Juara Festival Film Pelajar Jogjakarta

gomuslim.co.id- Meski berstatus sekolah berbasis agama, madrasah tidak dapat dipandang sebelah mata. Sejumlah prestasi yang diraih siswa madrasah di tingkat lokal maupun nasional menjadi bukti bahwa madrasah mempunyai kualitas yang tidak kalah hebat dari sekolah umum. Baru-baru ini, tiga siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bambi 2 Beureuleung Pidie, Aceh berhasil meraih Juara 2 Festival Film Pelajar Jogjakarta (FFPJ).

Hasil festival yang diselenggarakan di Pondok Pemuda Ambarbinangun Jogjakarta ini diumumkan pada haris Minggu, 18 Desember 2016. Mereka adalah Rahmad Soeltan, Zuhri, dan Mahfuza, siswa madrasah yang berhasil mengukir prestasi nasional di bidang perfilman. Ketiganya masih duduk di kelas 6 MIN Bambi 2 Beureuleung Pidie, Aceh.

Karya mereka yang berjudul "Salam Kasih Sayang" meraih juara 2 dalam kategori film Persahabatan dan Perdamaian Tingkat SD/Setara se-Indonesia. Festival Film Pelajar Jogja (FKPJ) yang digelar tanggal 17 sampai 18 Desember 2016 ini diikuti ratusan peserta mulai dari SD hingga SMA dari seluruh Indonesia.

Aspek penilaian dalam festival ini, antara lain dari segi angle, isi yang disampaikan, dan kesesuaian dengan tema Festival Film Pelajar Jogja (FKPJ), yaitu "Persahabatan dan Perdamaian". “Festivalnya bagus, rame, banyak teman-teman baru,” ujar Rahmat Soeltan yang berperan sebagai aktor utama.

Lewat festival ini, Rahmat mengaku ilmu tentang perfilman terus bertambah. “Waktu akting salah sedikit harus ulangi lagi,” katanya. Beda dengan Mzuhri Ramadhana, pelajar yang bertugas sebagai editor ini mengaku susah untuk menghafal tombol-tombol yang harus dipencet. Yang terjadi ia terkadang salah dalam melaksanakan tugasnya.

Seperti dilansir laman inmas Aceh, Kepala MIN Bambi II Nazarullah selaku Penangungg Jawab menyatakan apresiasi dan dukungannya. Menurutnya, keikutsertaan Siswa MIN Bambi 2 Kabupaten Pidie mewakili Kemenag Aceh patut diapresiasi, pasalnya tidak ada yang mengira kalau prestasi tersebut mampu diraih anak-anak ini.

“Saya sangat mendukung program yang telah kami jalankan tentang katagori film pelajar. Siswa-siswi kita telah membuktikan bahwa sumberdaya dan bakat yang mereka miliki sangat kita banggakan. Itu semua membuktikan bahwa anak desa mampu mengembangkan karya-karya mereka,” ujarnya, Minggu (19/12) kemarin.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan apresiasi khusus kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh yang telah mendukung dan memfasilitasi keikutsertaan para siswa peserta Festival Film Pelajar Jogja (FKPJ) ke Jogjakarta. “Terimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung para siswa sehingga bisa meraih juara ini. Terkhusus kepada Kemenag Provinsi Aceh yang mendukung penuh dalam perlombaan ini,” katanya.

Dalam Festival Film Pelajar Jogja (FKPJ), Juara 1 diraih oleh SD Pius Cilacap kelas 6 dengan judul "Indahnya Persaudaraan di Desa". Sedangkan juara 3 diraih oleh sekolah Kinderfield Primary School Cirebon (Jawa Barat) dengan judul "What They Talk About When They Talk About Friendship". (njs/dbs)


Back to Top