Tingkatkan Kualitas SDM, Yayasan Masjid Nusantara Gelar Pelatihan Manajemen Masjid

gomuslim.co.id- Agar dapat menjalankan fungsi pokok masjid secara optimal, Yayasan Masjid Nusantara menggelar pelatihan manajemen masjid bagi para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (19/12)

"Program ini hadir untuk meningkatkan kualitas SDM masjid, khususnya untuk pengurus masjid," ungkap Hamzah Patdri, Direktur Yayasan Masjid Nusantara.

Kegiatan pelatihan manajemen masjid secara gratis itu diikuti 40 orang DKM di Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Kebun Bunisari Lendra, Jalan Cinengah, Sukamukti, Kecamatan Cisompet, Garut, Jawa Barat.

Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pengelola masjid agar dapat mengoptimalisasikan peran masjid. Materi yang disampaikan, lanjut dia, tentang keutamaan masjid sebagai penggerak peradaban dan syiar Islam, serta diskusi mengenai pengelolaan masjid.

"Harapan kami peserta yang telah mengikuti kegiatan ini mendapatkan ide-ide baru dalam mengelola masjid di daerahnya secara lebih baik lagi agar peran dan fungsi masjid bisa lebih optimal," tutur Hamzah.

Selain itu Hamzah juga menambahkan, program training manajemen masjid itu sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, selanjutnya akan digelar di Kabupaten Bandung Barat dan Tegal, Jawa Tengah. Rencananya, lanjut dia, program tersebut akan digelar di beberapa daerah di Indonesia secara rutin satu bulan sekali.

"Sasaran pelaksanaan program ditujukan untuk masjid di daerah-daerah yang dirasa belum mengoptimalkan peran masjid di wilayahnya," ungkapnya.

Tatang Komarudin selaku Pengurus DKM Nurul Ikhwan, Desa Cikondang, Garut, berpendapat bahwa pelatihan manajemen tersebut sangat bermanfaat bagi para pengurus DKM agar tugas dan fungsinya berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, saya mendapatkan ilmu serta pandangan baru mengenai keutamaan masjid," katanya.

Untuk mewujudkan kembali bangkitnya peradaban Islam, cara satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah meramaikan masjid dengan banyak aktivitas keumatan. Dan untuk merealisasikan itu, masjid haruslah dikelola secara professional.

Masjid  tidak hanya semata menunaikan ibadah shalat, tetapi juga sarana memberdayakan umat, seperti tempat untuk konsultasi masalah ekonomi, pembinaan dan penyebaran dakwah Islam, mendamaikan orang bersengketa, pertemuan para pemimpin Islam, termasuk juga tempat menyusun strategi dan taktik berperang.

Yayasan Masjid Nusantara (YMN) adalah institusi pembangun dan masjid profesional. YMN mengajak masyarakat untuk mendirikan masjid dengan tujuan menghadirkan tempat ibadah yang bersih dan nyaman di atas tanah wakaf.

Selain itu Yayasan Masjid Nusantara juga fokus dalam pembangunan masjid di daerah-daerah pelosok. Itu artinya Insya Allah dengan ikut berkontribusi dalam Program Pembangunan Masjid, maka telah membangun masjid didaerah pelosok, rawan aqidah, rawan ekonomi dan rawan bencana di seluruh wilayah indonesia. (nat/dbs)


Back to Top