BNI Syariah Dukung Kuliah Umum Kewirausahaan

gomuslim.co.id- Peran industri keuangan syariah sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi negara. Dorongan kepada pelaku usaha menjadi hal yang dibutuhkan demi melahirkan pengusaha baru di era global. Baru-baru ini, PT BNI Syariah melalui program Hasanah Empowerment turut serta dalam pemberdayaan masyarakat, termasuk pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

Dengan hadirnya program ini, bank syariah berharap dapat melahirkan para pebisnis baru. Demikian disampaikan Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono dalam acara  Gathering Duta Hasanah di Seluruh Indonesia di Jakarta, Selasa (20/12). “Kami semata-mata ingin mewujudkan sosok Hasanah yang berwujud,” ujarnya.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan Duta Hasanah BNI Syariah ini adalah sosok masyarakat yang punya kontribusi besar bagi daerahnya, dilihat dari sisi pergerakan ekonomi kreatif di bidang lingkungan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. “Mereka adalah contoh bagi masyarakat lain dalam pemberdayaan berbagai bidang,” katanya.

Saat ini, kata dia, sudah ada 13 orang yang terpilih sebagai Duta Hasanah di bidang pertanian, peternakan, dan industri rumah tangga yang berasal dari berbagai daerah, seperti Sukoharjo, Ngawi, Malang, dan Wonosobo. “Setiap Duta Hasanah memperoleh dana sebesar Rp80 juta untuk membina 30-50 orang di sekitar lingkungannya. Diharapkan akan tercipta 120 wirausaha baru setiap tahunnya dengan program Hasanah Empowerment,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Hasanah Titik, Bambang Sutrisno, mengatakan BNI Syariah mencari orang-orang yang telah berkontribusi besar bagi lingkungan sekitar, namun tidak dikenal. “(Untuk itu), kami terus menyokongnya supaya lebih maksimal. Itu seperti yang disampaikan Pak Dirut bahwa value dari hasanah itu adalah kebaikan,” ungkapnya

Selain itu, dia mengatakan, program Hasanah Empowerment ini didanai dari dana zakat yang dihimpun dari zakat BNI Syariah yang berasal dari zakat perusahaan dan zakat pegawai. “Saya lupa angkanya berapa (untuk program Hasanah Empowerment), tapi yang jelas sudah disiapkan,” katanya.

Sebelumnya, BNI Syariah juga turut serta dalam kopi darat dan kuliah umum Group Equator Entreprenuer (GEE) yang bertajuk Silaturahmi Akbar GEE Indonesia I (SAGI). Anak usaha PT Bank Negera Indonesia (Persero) Tbk. itu terlibat dalam kuliah umum bertema Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Repositioning: Unggul Pasar Nasional dan Tembus Pasar Internasional.

Acara tersebut bertempat di Bale Panjang Taman Mini Indonesia Indah. Dalam acara tersebut BNI Syariah menyampaikan paparan soal Riba Amnesty. Bank islami ini juga menggandeng Jaya Setiabudi CEO Yukbisnis untuk berbagi pengalaman seputar UMKM.

BNI Syariah mendukung UMKM tidak lepas dari rencana pemerintah untuk meningkatkan UMKM di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto mampu meningkat sebesar 60,34%.

GEE sendiri adalah pusat berkumpulnya pewirausaha berbasis syariah di nusantara. Anggota GEE Indonesia adalah pengusaha yang hampir semuanya UMKM ataupun sudah naik level dan yang akan merintis menjadi wirausaha.

Adapun misi GEE adalah menumbuhkan pewirausaha muslim nonriba dan membantu sinergi usaha para membernya. Dengan begini, produk/usaha mereka agar dapat berkembang, serta menjadikan produk/usaha mereka menjadi jamak digunakan oleh masyarakat nasional dan tidak menutup kemungkinan masuk ke pasar internasional.

Dalam hal ini BNI Syariah menyambut dan mendukung iktikad baik dari para member GEE Indonesia yang berkomitmen menggunakan sistem keuangan berbasis syariah. Sejalan dengan core bisnis BNI Syariah yang menyediakan layanan perbankan sesuai prinsip syariah. (njs/dbs)


Back to Top