Inilah Aplikasi Berbasis Data untuk Belajar Alquran Karya Anak Bangsa

gomuslim.co.id- Era globalisasi saat ini memaksa seluruh elemen untuk memanfaatkan teknologi digital. Tidak terkecuali untuk mempelajari Alquran. Sebagai kitab suci umat Islam, Alquran menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Islam. Baru-baru ini, sebuah aplikasi berbasis data Alquran diluncurkan. Aplikasi tersebut bernama Qsoft (Software Alquran).

QSoft merupakan sistem aplikasi berbasis data Alquran yang dirancang menggunakan software. Software Alquran yang disusun dan dilengkapi dengan fungsi database itu terdapat pada Ms. Access. Hal tersebut memungkinkan pengguna QSoft dapat memperoleh informasi data Alquran secara cepat, mudah dan akurat.

Seorang trainer QSoft, Adhia Nugraha mengatakan lewat Qsoft tersebut dapat memudahkan semua orang dalam memperdalam ilmu agama Islam dengan memanfaatkan teknologi. “QSoft ini adalah software penggalian data Alquran karya anak bangsa asal Bandung bernama Bapak Budi Pracoyo,” ujarnya.

Pelatihan penggunaan QSoft itupun dilakukan ke berbagai kalangan. Salah satunya kepada para pemuda dan relawan perpustakaan Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, beberapa hari lalu. Desa Majasari merupakan desa terbaik tingkat nasional. Adapula puluhan mahasiswa Akper Saifudin Zuhri Indramayu yang mengikuti acara tersebut.

“Melalui kegiatan Training for Trainer QSoft ini, kami persiapan kader penggali data Alquran,” katanya. Adhia menjelaskan, melalui kegiatan Training for Trainer QSoft tersebut, pihaknya memberikan pelatihan mengenai fungsi dari Software Qsoft. Di antaranya, mencari, menyaring, memilah dan menghitung semua unsur yang terdapat di dalam Alquran, baik juz, surat, ayat, kalimat, kata maupun huruf.

“Seluruh fasilitas di atas dapat dilakukan pada semua jenis atau format text. Tak hanya itu, peserta Training for Trainer QSoft juga dilatih mengenai beberapa keunggulan Sofware QSoft. Yakni menampilkan ayat tertentu, mencari kata atau kalimat tertentu, menampilkan transliterasi dan terjemahan per ayat, dan menampilkan transliterasi dan terjemahan per kata,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, menyaring ayat yang mengandung kata atau kalimat tertentu, menyaring ulang dan mengurutkan hasil saringan berdasarkan kriteria tertentu sampai dengan 26 level penyaringan serta menghitung jumlah ayat, kata, asal kata atau huruf dengan kriteria tertentu.

Keunggulan QSoft lainnya, yakni menyaring kata berdasarkan akar kata dan perubahan bentuknya dan menampilkan asbaab nuzul dan perbandingan terjemah (tafsir). Ditambah lagi, teks ragam Utsmani, murattal 17 qori terbaik dunia dan konkordasi kata dengan tiga sistem indeks.

"Software QSoft ini dihasilkan berdasarkan penelitian lebih dari 14 tahun dan didukung lebih dari 24 juta data," kata Adhia.

Sementara itu, penanggung jawab program perpustakaan Desa Majasari Aas mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan Training for Trainer QSoft tersebut. "Kami akan berkonsolidasi untuk menjadikan QSoft sebagai salah satu program unggulan di perpustakaan Majasari,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Majasari, Wartono. “Semoga syiar pelatihan data Alquran ini tak hanya di Desa Majasari namun juga ke desa desa lainnnya di sekitar Majasari,” imbuhnya. (njs/dbs)


Back to Top