Inilah Apotek Halal Pertama di Sankt Peterburg Rusia

gomuslim.co.id- Gaya hidup halal kini menjadi tren dunia. Beberapa negara, saat ini gencar dalam mengembangkan program halal. Tidak hanya soal makanan dan kosmetik, tetapi juga obat-obatan. Baru-baru ini, apotek halal pertama resmi dibuka di Rusia. Lokasinya tidak jauh dari Masjid Biru ‘Soekarno’ di Sankt Peterburg.

Dalam peresmian dibukanya apotek yang khusus menjual berbagai obat-obatan halal ini dihadiri oleh Mufti Sankt Peterburg Ravil Pancheev. Pancheev dalam sambutannya mengungkapkan harapan agar cabang baru apotek halal lainnya dapat segera dibuka seiring berjalannya waktu.

Proyek apotek halal ini sendiri dijalankan oleh perusahaan induk farmasi Sankt Peterburg BSS yang juga mengoperasikan jaringan apotek ‘Aloe’. Presiden BSS Edward Zakhrabekov sempat menyatakan kesediaannya untuk membuka cabang baru jika ada permintaan di kemudian hari.

“Jika ada permintaan yang tinggi terhadap apotek ini, kami siap untuk membuka cabang lainnya yang juga akan berlokasi di sekitar masjid. Saat ini, kami masih mencari lokasi yang tepat di sekitar stasiun metro Pionerskaya,” ujarnya sebagaimana dilansir dari publikasi polit.ru.

Untuk diketahui, apotek ini secara eksklusif akan menjual berbagai macam obat-obatan halal. Dengan demikian, bahan baku seluruh obat yang dijual di sana tidak memiliki kandungan babi, alkohol, ataupun unsur hewani yang disembelih tidak dengan aturan Islam.

Selain itu, apoteker yang bertugas juga memiliki wawasan mengenai hal-hal apa saja yang dilarang dalam Islam. Mereka akan merekomendasikan obat yang sesuai dengan kebutuhan pasien atau calon pembeli obat.

Tidak hanya itu, karyawan apotek juga diwajibkan menguasai sejumlah bahasa, termasuk bahasa Tatar, Chechnya, dan Bashkir. Pada saat yang sama, apotek ini juga mewajibkan para apoteker perempuannya untuk mematuhi tata cara berpakaian yang Islami, yaitu dengan mengenakan hijab.

Disisi lain, negara Rusia memang tengah berupaya menarik wisatawan dari negara-negara Islam. Belum lama ini, Rusia juga telah meluncurkan program ‘Halal Friendly’, yang mengaplikasikan standar halal pada layanan industri perhotelan di Rusia. Program ini dipresentasikan pada acara peresmian pembukaan kantor Wisata Nasional VisitRussia di Dubai pada akhir tahun lalu.

Dengan dibukanya kantor tersebut, Rusia berencana menarik wisatawan muslim untuk datang mengunjungi Rusia. Berdasarkan program ini, Rusia berencana mengembangkan hubungannya dengan sejumlah negara-negara Islam dengan mengadaptasikan standar halal pada sejumlah hotel di Rusia.

Pengawas program ‘Halal Friendly’ dari Rosturizm Irina Schegolkova mengatakan kota-kota utama yang siap menerima kedatangan wisatawan muslim di antaranya adalah, Moskow, Sankt Peterburg, Kazan, Sochi, dan kota-kota yang termasuk dalam Cincin Emas Rusia. Menurutnya, kota-kota tersebut sudah memiliki standar infrastruktur serta hotel-hotel yang mampu menyediakan layanan yang memenuhi standar ‘Halal Friendly’. Namun begitu, Rusia berharap dapat memperluas wilayah layanan program ini.

“Kami berencana untuk membuat layanan khusus di hotel, merenovasi kamar tidur, dan kamar mandi di bawah standar tradisional yang dimiliki negara-negara Islam. Jika sebelumnya industri perhotelan di Rusia lebih difokuskan pada wisatawan asal Eropa dan Amerika, kini kami lebih memerhatikan wisatawan dari Asia,” katanya. (njs/dbs)


Back to Top