Inilah Toko Daging Halal Pertama di New Zealand

gomuslim.co.id- Agama Islam merupakan salah satu kelompok minoritas yang terus berkembang di New Zealand. Dengan meningkatnya umat muslim juga dibarengi meningkatnya pula permintaan akan kebutuhan yang bersifat halal. Sebuah toko daging berkonsep halal telah didirikan di kota Rotorua, Selandia Baru, tepatnya di sudut jalan Ranolf and Devon Sts. Pemilik toko tersebut adalah sepasang suami-istri, yakni Emire Amira Khan Malak dan suaminya Mohabat Khan Malak.

Menurut Amira, permintaan dan kebutuhan daging halal di sekitar daerah tersebut memang tengah berkembang cukup signifikan. Hal itulah yang mendorongnya untuk membuka toko daging halal di daerah tersebut. Ia dan suaminya mengaku sangat bersemangat merintis bisnis daging halalnya. "Saya bersemangat, gugup, dan cukup kewalahan membuka toko daging ini," ungkapnya, seperti yang dilansir dari publikasi Rotorua Daily Post, Kamis (22/12).

Awal membuka toko daging, pasangan suami-istri muslim ini hanya menyediakan daging eceran dan olahan. "Tapi kami berencana untuk mengembangkannya dengan membuat sosis (halal) dan daging diasinkan pada Februari mendatang," kata Amira.

Mereka mengaku bisnis daging halalnya sangat didukung oleh masyarakat di sekitar daerah tokonya. "Kami memiliki dukungan yang indah dari masyarakat," ujarnya. 

Di pihak lain,  Presiden Asosiasi Muslim Rotorua Ayhan Semiz mengaku saat ini kotanya memang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai negara, termasuk negara Muslim. Para pendatang dan pengunjung tersebut, lanjutnya, kerap menanyakan di mana mereka bisa mendapatkan daging halal. "Setelah toko ini buka, saya mengarahkan mereka untuk datang le toko (daging) milik Khan Malak," ungkap Semiz. 

Salah satu kekhawatiran terbesar turis, saat berwisata adalah faktor cocok atau tidaknya makanan di suatu tempat tersebut. Kekhawatiran ini juga makin memuncak ketika seorang muslim berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya adalah non-muslim. Akan ada kesulitan tertentu untuk mencari tempat bisa menyantap makanan halal. 

Panduan kuliner halal New Zealand ini dikeluarkan oleh Direktorat Muslim Kiwi dan Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ). Dalam panduan ini terdapat tiga kategori halal, yaitu restoran halal yang disertifikasi oleh FIANZ, restoran halal yang dimiliki oleh warga Muslim, dan restoran yang menyediakan sajian vegetarian.

Dalam panduan tersebut, wisatawan muslim bisa menemukan berbagai restoran dan kafe yang memiliki sertifikasi halal. Selain kafe dengan sertifikasi halal, ada juga berbagai restoran vegetarian yang menawarkan aneka makanan lezat. 

Tak ketinggalan, New Zealand ternyata juga punya banyak restoran halal. Negara ini juga memiliki restoran yang menjual berbagai makanan  India dan Timur Tengah dan masakan laut yang segar.

Seluruh restoran tersebut terbagi ke dalam dua lokasi utama, yaitu North Island dan South Island. Dua lokasi utama Selandia Baru tersebut meliputi beberapa lokasi utama wisata yaitu Auckland, Waikato, Manawatu, dan Canterbury.

Peluncuran panduan wisata kuliner halal ini bertujuan untuk memberikan  perjalanan yang berkesan bagi wisatawan muslim sekaligus memastikan mereka akan memperoleh  pengalaman terbaik dalam menikmati kuliner berkualitas tinggi yang ada di New Zealand. Panduan ini menunjukkan komitmen kami untuk lebih meningkatkan posisi New Zealand sebagai tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim.

Adapun, Muslim adalah kelompok agama yang paling cepat berkembang di New Zealand. Pertumbuhan populasi Muslim negara ini sejalan dengan tren pertumbuhan populasi Muslim global. Diperkirakan pada tahun 2030 akan ada lebih dari 100 ribu orang (2 persen dari total populasi) akan memeluk Islam. (nat/dbs)


Back to Top