Untuk Perluas Islamic Center, Pemkot Bekasi Serahkan Aset Lahan kepada Yayasan Nurul Islam

gomuslim.co.id- Sebagai bentuk upaya pengembangan dan pembinaan kegiatan umat Islam di Kota Bekasi, Walikota Rahmat Effendi, Kamis (22/12) menyerahkan pemanfaatan lahan aset milik pemkot seluas 37.970 meter persegi kepada Yayasan Nurul Islam KH Noer Alie, untuk menambah kapasitas Islamic Center KH Noer Ali Bekasi.

Penyerahan aset yang diperkuat dengan Surat Keputusan Walikota Bekasi nomor 032/kep572-BPKAD/VII/2016 ini, dilakukan di ruang rapat kerja Walikota Bekasi, Rahmat Effendi  di dampingi Staf Ahli Walikota Bekasi bagian Hukum, dr. Titi, Kepala BPKAD Kota Bekasi, Widodo dan Kepala Bidang Aset BPKAD, Hery Suparjan.

Surat keputusan tersebut ditandatangani oleh Wali Kota Bekasi pada tanggal 22 Desember 2016, kemudian dibuatkan surat perjanjian kerja sama pemanfaatan aset Pemerintah Kota Bekasi dengan Yayasan Nurul Islam Islamic Center KH Noer Ali sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Rahmat mengatakan, meski milik pemkot pihak pengurus yayasan tetap membuat surat izin mendirikan bangunan sesuai perjanjian yang ada. "Semua proses harus ada payung hukumnya walau bentuknya pakai pinjam milik pemerintah kota," tutur Rahmat.

Pemanfaatan lahan seluas 37.970 meter persegi tersebut nantinya akan dipakai pinjam oleh pengurus Yayasan Nurul Islam KH. Noer Alie. Menurut dia, Islamic Center yang telah berdiri lama saat Kota Bekasi masih menyatu dengan Kabupaten Bekasi ini merupakan simbol kekuatan umat Islam Bekasi.

Islamic Center telah berdiri sejak Kabupaten Bekasi belum dimekarkan, yang merupakan simbol keagamaan sekaligus simbol perjuangan KH Noer Ali. Lokasinya berada di pusat kawasan bisnis kota Bekasi. Sejarah pembangunan Islamic center ini tak lepas dari nama KH Nur Ali, Pahlawan Nasional yang merupakan putra daerah Bekasi. Kawasan ini dibangun sejak kota Bekasi masih merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bekasi. Kini ketika Kota Bekasi sudah menjadi salah satu kota mandiri salah satu kota penyanggah Ibukota negara, Islamic Center kota Bekasi seakan menjadi oase ditengah belantara Kota Bekasi yang pelan tapi pasti bergerak menjadi bagian dari perkembangan megapolitan Jakarta.

Di samping menyelenggarakan kegiatan bersifat keagamaan dan sosial, Islamic Center Bekasi juga memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk disewakan kepada pihak lain.Hasil sewa fasilitas inilah yang digunakan oleh Islamic Center untuk membiayai operasionalnya, elain ruang masjid dan perkantoran, di Islamic Center Bekasi juga tersedia perpustakaan yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Dalam Bidang penelitian, pengkajian dan pengembangan, Islamic Center mengadakan kegiatan berupa Mudzakaroh Ulama, remaja dan wanita, studi Islamika, Konsultasi keluarga Muslim, kepustakaan dan penerbitan buku "Data Dakwah" Bekasi.Bidang lainnya seperti pendidikan, penerangan dan Dakwah menyelenggarakan kegiatan berupa pengajian rutin, kursus dan pelatihan serta menyelenggarakan kegiatan dalam rangka hari besar islam. (nat/dbs)

 

 

 


Back to Top