Yayasan Askar Kauny: Menghafal Alquran Semudah Tersenyum

Begini Lomba Menghafal Surah Ar-Rahman Ala Komunitas Hafidz On The Street

gomuslim.co.id- Dalam rangka memperingati Milad Masjid Agung At-Tin yang ke-17, Yayasan Askar Kauny menggelar sebuah rangkaian acara pada 24 hingga 25 Desember 2016, di Masjid Agung At-Tin, TMII Jakarta. Kegiatan tersebut terdiri dari Lomba Menghafal Surat Ar-Rahman, Silaturrahim Akbar Komunitas Hafidz On The Street, dan Kajian Wedding Syari. Selain itu kegiatan yang berlangsung dua hari ini menyediakan belasan tenant  makanan, minuman, hijab, aksesoris, hingga catering pesta pernikahan bersertifikat halal.

Pada acara ini, Yayasan Askar Qauny menjadi penyelenggara berlangsungnya kegiatan tersebut. Yayasan Askar Kauny bergerak di bidang sosial dan pendidikan sekolah Alquran.

Saat ditemui oleh gomuslim, GM Program Development Yayasan Askar Kauny, Hilal Ahmad mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini sebagai bentuk ajang silaturahmi para anggota Hafidz On The Street (HOTS) dari berbagai daerah. “Sebagai bentuk apresiasi para anggota HOTS yang telah menyelesaikan ujian, kami juga akan mewisuda dan memberikan sertifikat kepada anggota yang telah menyelesaikan ujian hafalan,” ujar Hilal.

Dengan menggandeng salah satu program developmentnya Komunitas Hafidz On The Street, yang memiliki tag line ‘Menghafal Alquran Semudah Tersenyum’ kegiatan lomba menghafal surah Ar-Rahman diselenggarakan minggu pagi pada tanggal 25 Desember. Sebanyak 6000 peserta campuran dewasa dan anak-anak yang tergabung dalam Hafidz On The Street seluruh Indonesia mengikuti lomba tersebut untuk memenangkan juara 1, 2 dan 3. Materi lomba menghafal terdiri atas kelancaran hafalan, sambung ayat maju mundur, nomor ayat dan arti ayat.

Dari 6000 peserta yang terdiri dari kategori dewasa dan anak-anak terpilih masing-masing 30 finalis untuk selanjutnya diambil 15 besar, kemudian di pertandingkan lagi menjadi 10 besar, 6 besar dan 3 besar sebagai peraih juara 1, 2, dan 3.

Juara 1 pada kategori anak-anak juara diraih oleh santri asal Mahad Askar Kauny Cijulang, Fatin. Sedangkan untuk juara 1 kategori dewasa diraih oleh Amir Mahmud asal Jakarta Barat.

Juara pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 10.000.000, juara kedua sebesar Rp 5.000.000,dan ketiga sebesar Rp 2.000.000, yang langsung diberikan oleh founder HOTS ustadz Boby Herwibowo.

Juara pertama dari kategori anak, Fatin bersama ayahnya, Jaelani merasa senang dan bangga atas prestasi yang diraih Fatin. “Saya dan istri sama sekali tidak memaksa Fatin ikut lomba, ini atas dasar kemauan Fatin sendiri, dia optimis dan ingin mencoba, Alhamdulillah ternyata menang,” ungkap Jaelani bangga.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Amir yang menjadi juara pertama kategori dewasa, Ia mengaku saat dalam Alquran ada waktu-waktu tertentu, yakni bada subuh, bada dzuhur dan bada maghrib.

“Belajar menghafal Alquran itu kuncinya ada tiga, yang pertama niat karena Allah, kedua berdoa dan ketiga berusaha,” kata Amir.

Saat ini Komunitas HOTS menggunakan metode menghafal Alquran yang dilengkapi dengan gerakan dan arti, sehingga mudah diingat dan dipahami. “Kami berharap menghafal Alquran bukan hanya menjadi tren sebagian orang, namun kami menginginkan dapat dijadikan kebiasaaan umat,” pungkas Hilal.

Tahun ini merupakan tahun ketiga Yayasan Askar Kauny menggelar lomba hafalan surah Alquran. Di tahun 2014 menghafal surah An-Najm, tahun 2015 sekaligus tiga surah Al-Qiamah, Al- Mursalat, Al-Insan, dan tahun ini Ar-Rahman, untuk tahun depan akan dicanangkan surah Al-Waqiah.

Selain lomba menghafal surah Ar-Rahman, ada pula kajian yang mengusung  tema ‘Wedding Syari’ yang dibawakan oleh Oki Setiana Dewi, Dude Herlino dan Ustadz Riza Muhammad. (nat)

Baca juga:

Berhadiah Puluhan Juta Rupiah, Askar Kauny Ajak Masyarakat Hafal Surat Arrahman Serentak se-Dunia


Back to Top