Kemah Alquran Meriahkan Perayaan HUT Pertamina ke-59

gomuslim.co.id- Ada berbagai macam kegiatan dalam mengisi liburan akhir 2016. Mulai dari berlibur ke tempat-tempat wisata, berkunjung ke sanak saudara, dan ada juga yang membuat kegiatan menarik dan bermanfaat. Seperti yang dilakukan oleh Baitul Zakat PT Pertamina (Bazma) Rantau, Aceh Tamiang ini. Baru-baru ini, lembaga di bawah naungan Pertamina itu menggelar kegiatan Kemah Alquran bagi para pelajar dari Tamiang dan Kota Langsa, Aceh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT ke-59 PT Pertamina pada tahun 2016 ini. Acara yang dilaksanakan di areal Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) Rantau, kompleks Pertamina itu merupakan kegiatan perdana. Dengan mengambil tema “Liburan bersama Alquran meretas jalan menjadi insan qurani”, kegiatan ini diikuti oleh 34 pelajar.

Humas PT Pertamina EP Rantau, Jufri mengatakan, kegiatan Kemah Alquran tersebut bekerjasama dengan lembaga Asy-Syamil Yogyakarta sebagai konseptor sekaligus instruktur kegiatan. “Ya kita sebagai penyelenggaranya bekerjasama dengan lembaga tersebut,” ujarnya belum lama ini.

Jufri menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini mengajarkan peserta menghafal ayat-ayat Alquran, outbond Qurani, games Qurani, olah raga memanah, pola hidup bersih, rapi, tertib, teratur dan bertani. “Kemah Alquran ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Aceh,” kata Jufri.

Pada kesempatan sama, Field Manager PT Pertamina EP Rantau, Richard Muthalib berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat menjaga lingkungan dengan belajar bertani melalui pola organik oleh para peserta. “Semoga dengan kegiatan ini, para peserta dapat mengambil hal-hal positif yang bisa diterapkan dikemudian hari,” ungkapnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, masih terkait peringatan HUT Pertamina ke-59, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumbagut menggelar khataman Alquran. Kegiatan ini diikuti oleh 200 anak yatim piatu yang berasal dari binaan Rumah Zakat Indonesia, Baitul Maal Hidayatullah, LAZ Al Hijrah, Dompet Dhuafa Waspada, Yayasan Al Kahfi dan binaan pengajian Badan Dakwah Islam (BDI) Masjid AtTaqwa Pertamina MOR I.

Pada kegiatan tersebut, ‎Pertamina memberikan santunan berupa paket alat sekolah, uang tunai dan biaya pengurus pondok pesantren atau binaan dengan total nilai Rp 60 juta rupiah. Sebelumnya, kegiatan Doa Bersama dilaksanakan di gedung Serbaguna Kantor Pertamina Medan itu. Kegiatan yang mengambil tema “Pertamina Menuju Perusahaan Rahmatan Lil’Alamin yang Mendunia” itu diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz Wijayanto dari Jakarta dan Ustadz Latief Khan dari Medan.

Dalam ‎tausyiahnya, Wijayanto menyatakan agar semua pekerja menjadikan kerja sebagai ibadah apabila disertai dengan niat yang ikhlas dan baik akan menjadikan Pertamina sebagai Perusahaan Rahmatan lil Alamin. Dia juga menekankan pentingnya kepada seluruh peserta untuk dapat melakukan perbaikan di sisi pribadi, perbaikan sisi keluarga maupun perbaikan di sisi kinerja Perusahaan  agar menjadi amalan kebersamaan dan dilengkapi dengan rasa syukur, sabra, fikir dan zikir.

Pjs General Manager MOR I Agus Taufik Harahap‎ menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas pencapaian usia Pertamina ke-59. Selama ini telah berkontribusi dan berkarya mengantarkan energi kepada masyarakat dan diharapkan pada tahun mendatang Pertamina akan selalu hadir untuk melayani negeri. (njs/dbs)

 


Back to Top