Ini Alasan Menteri Besar Malaysia Kagumi NTB Sebagai ‘Pulau Seribu Masjid’

gomuslim.co.id- Dalam kunjungan safari dakwahnya ke Indonesia, Menteri Besar Perak, Malaysia, Zambry Abdul Kadir, bertandang ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Saat lawatannya ke Lombok, Zambry ditemani oleh bersama 41 orang yang terdiri dari berbagai macam latar belakang, mulai dari bupati, direktur, dan pimpinan pemuda di negeri bagian Malaysia. Ia mengaku alasan di balik pemilihan Lombok , adalah sebagai tujuan safari dakwahnya. 

"Banyak yang bilang ke saya soal provinsi ini, tentang gubernurnya, datanglah ke provinsi yang punya seribu masjid," tuturnya di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Kamis (29/12).

Lombok dikenal dengan tagline ‘Pulau Seribu Masjid’ karena sejauh mata memandang, berdiri dengan gagah masjid-masjid dengan tampilan yang sangat menawan. 

Zambry mengaku kagum dengan Provinsi NTB yang memiliki begitu banyak masjid. Sepak terjang Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi yang begitu kental dalam membangun provinsi dengan nilai-nilai keislaman juga menjadi alasan lain di balik kedatangan rombongannya. 

Lanjut Zambry, safari dakwahnya merupakan program yang ia jalankan sejak terpilih sebagai Menteri Besar Perak. Menurutnya, hal ini sebagai salah satu sarana dalam membangun silaturahmi terutama dan bertukar gagasan tentang apa yang terjadi di daerah tujuan. Dalam lawatannya, dia juga memberikan tausiyah kepada jamaah di Masjid Hubbul Wathan agar selalu mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan.

"Jangan jika ada masalah baru ingat dengan Tuhan. Kalau menginginkan (hajat) rajin ibadah, tapi begitu sudah dapat apa yang dihajatkan, dia lupa," ucapnya dalam tausiah. 

Selain itu, Zambry juga akan melaksanakan itikaf di masjid kebanggaan warga NTB, yang belum lama menjadi lokasi utama ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Menteri Besar Perak beserta rombongan. Dia berharap dapat membalas dengan berkunjung ke Perak di waktu yang akan datang.

"InsyaAllah silaturahmi NTB dengan Perak, mudah-mudahan hubungan baik NTB dan Perak bisa semakin kokoh pada masa yang akan datang. Mudah-mudahan juga dilancarkan dalam membangun NTB lebih baik," tutur Gubernur NTB. 

Menelisik bukti-bukti perkembangan agama Islam di pulau Lombok dapat dilihat dari adanya masjid-masjid kuno. Masjid-masjid tersebut adalah masjid kuno Bayan Beleq yang ada di kabupaten lombok utara, masjid kuno Gunung Pujut dan masjid kuno Desa Sade yang ada di kabupaten lombok tengah. Selain itu juga terdapat makam raja-raja seperti makam Raja selaparang di Lombok Timur serta makam wali Nyatuq di Lombok tengah.

Islam berkembang pesat di pulau lombok. Ditandai dengan adanya organisasi islam yang dikenal sampai ke daerah lain seperti Nahdathul Wathan. Lombok juga memiliki banyak pesantren yang menjadi pusat pembelajaran agama islam. Salah satu daerah yang dikenal sebagai kota santri adalah kediri kabupaten Lombok Barat.  Dan kini lombok dikenal dengan ‘Pulau Seribu Masjid’. (nat/dbs)


Back to Top