Pemberangkatan Umrah Langsung Palembang-Jeddah Resmi Beroperasi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin

gomuslim.co.id- Di tahun ini untuk pertama kalinya maskapai penerbangan Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung calon jamaah umrah dari Sumatera Selatan (Sumsel) menuju Jeddah, Saudi Arabia. Penerbangan langsung perdana dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah berlangsung pada, Rabu (14/12) dilepas Gubernur Sumsel Alex Noerdin.



"Penerbangan perdana langsung Palembang – Jeddah bagi calon jamaah umrah tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300, para penumpang diterbangkan dengan GA 8722 dengan jumlah 339 orang,” ujar General Manager Gruda Indonesia, Perwakilan Palembang, Asa Perkasa.

Lanjut Asa, penerbangan umrah perdana ini merupakan charter flight pesawat Garuda oleh konsorsium biro perjalanan haji umrah.“Nantinya, dalam satu pekan kita rencanakan akan ada satu penerbangan umrah langsung dari Palembang – Jeddah yang dilayani Garuda Indonesia,” tutur Asa.

Saat melepas para 'tamu Allah' Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan Penerbangan umrah langsung dari Palembang menuju Jeddah tanpa melalui Jakarta sudah lama menjadi keinginan masyarakat Sumatera Selatan. Keinginan itu sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu.

Alex juga mengatakan bahwa pada saat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggagas perlu adanya penerbangan umrah langsung bandara SMB II menuju bandara King Abdul Aziz, seluruh travel maupun biro perjalanan haji Sumsel langsung memberikan respon yang positif.

“Para pengusaha biro perjalanan haji dan umrah tersebut langsung membentuk konsorsium. Konsorsium menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi, kementerian agama, dinas terkait dan PT Angkasa Pura maka akhirnya, hari ini rencana tersebut bisa terealisasi. Ini suatu hal yang luar biasa, jangan berhenti sampai hari ini saja. Insya Allah ke depan setiap pekan ada keberangkatan jamaah umrah langsung dari Palembang – Jeddah,” tutur Alex.

Pada penerbangan perdana umrah langsung Palembang – Jeddah menurut Gubernur Alex Noerdin, sebagian besar calon jamaah umrah yang diterbangkan Garuda Indonesia adalah para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, atlet dan orang-orang berprestasi.



Sementara itu menurut Khoiriyah seorang pengelola biro perjalanan haji dan umrah, dari perusahaannya pada penerbangan perdana umrah kali ini ada sebanyak 97 calon jemaah umrah yang berangkat. “Selama ini kami memberangkatkan calon jamaah umrah dari Sumsel melalui bandara Soekarno-Hatta di Jakarta,” katanya.

Peningkatan jumlah calon jemaah umrah dan haji di Indonesia membuat sebagian besar bandara di berbagai daerah berbenah dengan meningkatkan infrastruktur dan pelayanan untuk meningkatkan kemudahan dalam melakukan ibadah ke tanah suci. (nat/dbs)

Baca juga:

Kini Bandara Palembang Miliki Rute Khusus untuk Jemaah Haji dan Umrah


Back to Top