Inilah Pelatih Sepakbola Berhijab Pertama di Inggris

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, muslimah asal Inggris tampil di publik dengan prestasinya di bidang olahraga sepakbola. Dia menjadi pelatih berhijab pertama di tim sepakbola Inggris. Posenya saat melatih para pemain sepakbola di lapangan memberikan inspirasi kepada para muslimah di Inggris dan luar negeri.

Adalah Annie Zaidi, muslimah pertama yang mendapatkan tingkat dua lencana pembinaan dari Asosiasi Sepakbola. Annie juga  telah dianugerahi British Empire. Awalnya, hijaber berusia 32 tahun ini dikenal sebagai pemain muda sebagai Coach Annie. Dia juga adalah kepala pelatih kepala untuk sisi Premier League Leicester City Girl Regional Talent Klub dan menjadi pelatih pada Liga Championship Queens Park Rangers.

Annie adalah muslimah yang aktif, selain sepakbola, ia juga bekerja di stasiun radio Hillz FM di Hillfields, Coventry, di mana remaja bermasalah akan dibantu dan dikonseling untuk mengubah kehidupan mereka. Dia juga bekerja sebagai pelatih untuk Coventry City Football Club Community Trust.

Sebelum aktif dan percaya diri dengan hijabnya yang merupakan identitasnya sebagai seorang muslimah, Zaidi menghadapi seksisme dan rasisme ketika ia pertama kali mulai melatih, tapi hobinya tersebut tetap ia jalankan meskipun banyak kritik.

Hal ini ia lakukan dengan komitmen yang penuh karena ia ingin mewakili para muslimah untuk tetap berprestasi meskipun berhijab.

Selain itu, menurut publikasi Coventry Telegraph, pada Sportswomen of the Year Awards tahun 2015, dia memenangkan Helen Rollason Award untuk inspirasi dan dipuji oleh tokoh-tokoh olahraga terkenal terkait  komitmennya untuk olahraga.

Zaidi juga menang Asian Woman  Achievement Award serta penghargaan Neville Hamilton untuk bidang olahraga dan masyarakat di Leicester Mercury Sports Awards.

 


Back to Top