Tingkatkan Layanan Kesehatan, Tahun Ini Dompet Dhuafa Siap Bangun Lima Rumah Sakit

gomuslim.co.id- Guna meningkatkan pengembangan layanan kesehatan bagi masyarakat, pada tahun 2017 ini Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa siap membangun lima rumah sakit. Di tahun 2012 silam Dompet Dhuafa membangun RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Kabupaten Bogor.

''Pengembangan layanan rumah sakit ini dilakukan dengan mengembangkan wilayah layanan ke berbagai provinsi di Indonesia. Sehingga tahun 2017 diharapkan setidaknya ada lima rumah sakit yang akan dikelola oleh Dompet Dhuafa,'' ungkap Direktur Wakaf Dompet Dhuafa Filantropi, Ahmad Shonhaji.

Selain itu pembangunan lima rumah sakit tersebut akan dibiayai dari dana wakaf yang dihimpun Dompet Dhuafa. Rencananya rumah sakit akan dibangun di Lampung, Banten, dan Jakarta.

''Bahkan bulan Januari 2017 nanti akan diresmikan layanan kesehatan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa yang bersumber dari dana wakaf, yaitu Rumah Sakit Aka Medika Sribhawono di Lampung,'' imbuh Shonhaji.

Sebagaimana RST Dompet Dhuafa di Parung, Kabupaten Bogor, konsep kelima rumah sakit tersebut adalah dengan konsep terintegrasi subsidi silang. Kaum dhuafa tetap mendapatkan layanan kesehatan gratis yang prima. Namun, bagi masyarakat biasa bisa membayar dengan biaya yang relatif terjangkau atau melalui akses BPJS yang telah dimiliki.

Shonhaji mengatakan RS Aka Medika Sribhawono sudah beroperasi sejak awal Desember 2016. Kedua RS yang sudah beroperasi di bawah kelolaan Dompet Dhuafa saat ini jadi upaya Dompet Dhuafa bahwa zakat, infak, sedekah, dan wakaf masyarakat yang dikelola profesional akan memberi dampak bagi banyak orang.

Shonhaji mengharapkan agar program wakaf merupakan salah satu pilar penting di Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa tidak hanya menerima tapi juga mengelola amanah wakif bagi mauquf alaih (penerima wakaf). ''Kami tidak ingin hanya terima dan mencatat aset wakaf, tapi juga berusaha memaksimalkan potensi aset agar bermanfaat bagi umat,'' ujar Shonhaji.

Sebanyak 684.218, per 15 Desember 2016 penerima manfaat aneka program Dompet Dhuafa. Sementara penerima manfaat RS Rumah Sehat Dompet Dhuafa mencapai 268.136 orang untuk periode 2012-2016.

Semangat Dompet Dhuafa mengembangkan wakaf rumah sakit tidak terlepas dari model rumah sakit wakaf yang telah dibangun sebelumnya yakni RST Dompet Dhuafa.  RST Dompet Dhuafa memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi kaum dhuafa dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, professional dan sentuhan hati.

Berdiri di atas lahan seluas 7.803 m2, di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, RST Dompet Dhuafa melayani kaum dhuafa secara gratis dan juga pasien umum BPJS yang selama ini sulit mendapatkan akses kesehatan secara memadai. (nat/dd/dbs)

 

 


Back to Top