Rampung 95 Persen, Proyek Perluasan Masjidil Haram Segera Selesai

gomuslim.co.id- Lontaran pertanyaan mengenai kapan selesainya proyek renovasi  Masjidil Haram kerapkali mengemuka. Terutama pada jamaah umrah yang dalam beberapa tahun terakhir berulangkali menyambangi Mekkah. Mereka terus mendapati kondisi Masjidil Haram yang disibukkan pengerjaan berbagai proyek pembangunan.

Direktur Awana Tour & Travel mengatakan kalau sepekan silam proyek renovai Gerbang Raja Fahd (Pintu I/Utama) Masjidil Haram masih berlangsung.

''Akibat pembangunan itu, jamaah kami yang menginap di Hotel Grand Zamzam atau 'Tower Jam Makkah', tidak bisa langsung masuk ke Masjidil Haram. Kami harus memutar mencari pintu yang lain. Jamaah pun mengeluh suasananya di sekitar hotel masih belum teratur,'' ujar Dirut Awana Tour & Travel.

Pembangunan proyek perluasaan Masjidil Haram masiih belum tuntas. Namun, setidaknya pembangunan area ibadah yang ada di sekeliling Kabah sebagian besar, bahkan sudah mencapai 95 persen, sudah diselesaikan.

“Perluasan benar-benar akan tuntas dalam waktu tiga tahun ke depan. Fase pembangunan terakihir ini akan meliputi tiga babak. Pertama, yang meliputi pembangunan jalur antara Safa menuju gerbang Al-Fatah (Pintu I), kedua, pembangunan jalur Al Fatan menuju Gerbang Al Umrah, dan ketiga, menuntaskan perluasan proyek pembangunan Raja Fahd berupa perluasan tempat Sa'i, Al Safa,” papar Direktur Proyek tersebut, Sultan Al-Qurashi.

Saat ini proyek perluasaan Mataf' (area tawaf) sudah selesai. Para jamaah kini lebih leluasa ketika hendak melakukan ibadah tersebut. Kapasitas area tawaf kini bisa menampung 105 ribu orang per jam. Selain di lantai mataf seluruh lantai bangunan masjidil haram pun leluasa dipakai untuk melakukan tawaf. Suasana makin nyaman karena lampu, kipas angin, dan alat pengeras suara yang baru pun sudah terpasang. 

Bahkan rencanya, antara sisi timur Mataf dan lantai dasar Masjidil Haram terhubungkan dengan sebuah jembatan. Nantinya lokasi itu berada di lantai 1 Masjidil Haram. Sarana ini dipergunakan untuk melayani para jamaah penyandang disabilitas. Selain itu, nantinya akan dibangun jalan baru bagi pejalan kaki yang mengarah ke Arafah. Proyek ini akan selesai sebelum datangnya musim haji tahun 2017.

Menurut salah seorang pejabat senior kota Makkah, jalan bagi pejalan kaki yang mengarah ke Arafat dari Makkah akan dibuka sebelum musim haji berikutnya. Jalan itu menjadi jalan bagi pejalan kaki yang terpanjang di dunia.

Masjidil Haram merupakan tempat ribuan jamaah Muslim menyelesaikan salah satu ibadah nomor lima dalam rukun Islam, yaitu menunaikan ibadah haji. Karena itu, berbagai pengembangan pun dilakukan di Masjidil Haram agar umat muslim mendapatkan kenyamanan selama melaksanakan ibadah haji.

Saat ini, kompleks Masjidil Haram juga sedang dalam proses konstruksi besar-besaran yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2020 mendatang. Desain yang konon akan selesai pada tahun 2020 mendatang tersebut adalah desain yang modern dan dapat memberi kenyamanan pada seluruh jamaah haji yang semakin tahun semakin bertambah berdatangan ke Masjidil Haram.

Untuk memenuhi berbagai syarat keindahan dan kenyamanan tersebut, berbagai desain telah diajukan penampilan Masjidil Haram terbaru untuk lima tahun mendatang. Sekitar 10 desain dari arsitek ternama diajukan dan hanya satu yang akan terpilih sebagai desain Masjidil Haram terbaru pada waktu pengerjaan yang sudah ditentukan. (nat/dbs)


Back to Top