Rilis Serial Terbaru, Inilah Komik Superhero Muslim Pertama Garapan Marvel

gomuslim.co.id- Amerika merupakan negara yang menganut paham kebebasan. Di negara ini, tidak mudah bagi seseorang untuk mempertahankan identitasnya khususnya bagi seorang Muslim. Baru-baru ini, sebuah perusahaan komik, Marvel mengeluarkan serial komik terbaru dengan menampilkan superhero dengan latar belakang seorang Muslim.

Dengan rilis serial terbarunya yang bertajuk “Ms Marvel”, superhero yang dimaksud bernama Kamala Khan. Dia adalah seorang wanita yang berasal dari Pakistan dan tinggal di New Jersey, Amerika Serikat. Demikian sebagaimana dilansir dari publikasi haaretz.

“Kamala Khan, tokoh baru yang dikenalkan oleh perusahaan komik Marvel dalam serial komik terbarunya. Ia adalah seorang Muslim. Kamala merupakan Polimorf yang memiliki kekutan super yang bisa memanjangkan lengan dan kakinya seperti manusia karet,” tulisnya dalam sebuah keterangan resmi.

Kamala mendapatkan kekuatan supernya saat pada masa remaja. Ia ingin sekali ikut berpesta bersama teman-temannya. Lantaran sering dilarang oleh keluarga, maka ia memutuskan untuk pergi secara diam-diam untuk pergi ke sebuah pesta dengan temannya.

Namun sebuah keajaiban pun terjadi. Dalam perjalannan, ia bertemu dengan orang yang tidak dikenalnya dan membuat ia berpikir hingga akhirnya tertidur. Setelah bangun, kekuatan super pun ada di tubuh wanita bermata biru dan berambut pirang itu. Kamala menjadi seorang superhero.

Keluarga Kamala sendiri merupakan keluarga Muslim yang disiplin dan tata pada aturan, berasal dari Karachi, Pakistan. Kamala merasa ada banyak yang berbeda antara dirinya dengan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah budayanya sebagai Muslim dan juga budaya Amerika yang penuh kebebasan. Selain itu, Kamala juga mengalami krisis identitas karena dirinya tidak memenuhi standar cantik di Amerika.

Komik ini pada intinya menceritakan perbedaan budaya Muslim dengan budaya serba bebas di Amerika. Misalnya ketika Kamala harus berhadapan dengan lingkungan sosial yang menganggap minum alkohol sebagai sesuatu yang biasa, juga lingkungan yang tidak terbiasa melihat perempuan menggunakan hijab.

Dalam komik ini juga diceritakan bahwa Islam tidaklah seperti yang orang sangkakan selama ini, yaitu agama yang penuh kekangan dan larangan. Pada saat Kamala berkonsultasi pada seorang Syekh, di sana terlihat bahwa Syekh tersebut mendukung Kamala untuk melakukan apa yang dia inginkan dengan kejujuran dan kesungguhan hati.

Kamala sempat berkonsultasi kepada seorang Syekh tentang penggunaan kekuatan supernya untuk membela kebaikan sebagai seorang Muslim. Syekh itu pun mengizinkan Kamala untuk membela kebenaran dengan sepenuh hati.

Tugas Kamala sama seperti superhero lainnnya, yaitu untuk memberantas kejahatan. Kamala berusaha menunjukkan kepada semua orang bahwa Islam tidak seperti yang mereka pikirkan.

Negara seperti Amerika, mungkin tak mudah untuk mempertahankan identitas sebagai seorang Muslim, seperti juga yang dialami Kamala. Namun Kamala berhasil mempertahankan identitasnya sebagai seorang Muslim. Dan dia menjadi seorang superhero sejati. (njs/hareetz/dbs)


Back to Top