Inilah Kota Wisata Baru di Arab Saudi yang Akan Populer pada 2017

gomuslim.co.id- Selain dua kota suci yang sangat familiar oleh jemaah Haji dan Umrah, kini Arab Saudi juga sedang gencar mempromosikan sebuah kota baru untuk tujuan wisata selain Mekkah dan Madinah. Kota tersebut digadang-gadang akan menjadi populer pada tahun 2017, karena bisa menjadi pilihan destinasi baru untuk para jemaah Haji dan Umrah setelah selesai melakukan ibadah di Kota Mekkah dan Madinah.

Adalah Kota Abha. Publikasi Al-Abwaba menyebutkan Kota Abha ini memiliki lingkungan yang sangat beragam sebagai kota wisata, mulai dari taman hutan di Soudah, Dulghan, Al Hubala hingga dataran-dataran tinggi bagian timur dan pelabuhan di bagian barat.

Karena itu, Kota Abha kini dijuluki "Ibukota Wisatawan Arab" yang disiapkan untk popular pada tahun 2017. Diperkirakan kota ini akan menarik banyak kesempatan investasi. Julukan ibukota wisata itu pertama kali dicetusan oleh Arab Tourism Organization.

Selain itu, untuk mendukung konsep kota wisata di Arab Saudi tersebut, Asir Municipality atau kantor pemerintahan Arab Saudi saat ini sedang mencari cara paling tepat untuk mencari investor demi pengembangan kota itu. Sebelumnya mereka telah menyelenggarakan perayaaan penobatan kota itu sebagai ibu kota wisata Arab secara besar-besaran.

Direktur Jenderal bidang investasi area tersebut Ali Al-Haid menjelaskan berbagai spesifikasi untuk berbagai kesempatan termasuk area konferensi internasional dan pameran, mal belanja, hotel dua restoran di dua distrik untuk wisatawan bisa berwisata selain berbagai kesempatan lainnya.

"Proyek pameran dan konferensi, mal airport dan hotel itu berlokasi di area seluas 200 ribu meter persegi, semua akan memberikan kesempatan wisatawan mendapatkan pengalaman berbeda sepanjang tahun lewat berbagai program, kegiatan dan konferensi," kata Al-Haid.

Al-Haid juga mengatakan berbagai kesempatan itu termasuk juga mal belanja di jalan King Abdullah di area seluas 30 ribu meter persegi. Kata Al-Haid, Mal itu dekat dengan King Faisal Medical City dan hostel universitas, selain tambahan beberapa hotel bintang lima dan vila.

Adapun, Kota Abha terletak pada ketinggian 2.270 meter di atas permukaan laut. Abha berada di sebelah selatan kota Riyadh dan  kurang lebih berjarak sekitar kurang lebih 1000 kilo meter dari kota Riyadh. Dianugerahi dengan pemandangan gunung yang spektakuler, iklim yang sejuk, tanah subur dan curah hujan cukup, Abha menjelma menjadi destinasi wisata yang sangat menarik.

Sebagai salah satu kawasan dengan penduduk terpadat di Jazirah Arab, sejarah panjang Abha telah menghasilkan warisan budaya yang kaya dan menyajikan warna-warni mosaik transformasi arsitektur dan tradisi.

Abha pun telah memperindah dan mempercantik diri untuk menerima kunjungan wisatawan. Kini, di pusat kota telah berdiri sejumlah hotel bintang lima, villa wisata yang lengkap dan motel nan modis. Para turis dapat menghabiskan waktu mereka dengan berjalan-jalan di antara taman pegunungan di tengah keramahan suasana Arab. (fau/dbs)


Back to Top