Ini Kata Para Desainer Terkait Tren Muslim Fashion Tahun 2017

gomuslim.co.id- Selain menjadi kewajiban bagi setiap muslimah, berhijab kini sudah menjadi tren dunia. Seiring dengan perkembangan yang terus meningkat setiap tahunnya, mode busana Muslim di Indonesia menjadi bisnis yang menggiurkan. Memasuki tahun baru 2017, tren warna dan motif pun membuat berbagai label pakaian berkreasi dengan menyuguhkan beragam pilihan bagi konsumen.

Demikian disampaikan Su’ud Alwi selaku Fashion Business Consultant HijUp saat dijumpai dalam acara Inspirasi Wanita bertajuk ‘Trend Fashion 2017: Inspirasi Untuk Berkreasi’ beberapa waktu lalu. Ia mengatakan untuk tren fashion muslimah di Indoneisa tahun 2017 tetap berkiblat pada tren fashion internasional.

“Jadi untuk tren fashion tahun 2017 di Indonesia sendiri kiblatnya masih tren fashion Internasional yang terinspirasi dari beragam negara seperti New York, Milan, dan Paris. Otomatis, para desainer di Indonesia ini akan melihat keadaan di New York bagaimana, di Milan seperti apa dan lain sebagainya. Seperti dalam pemilihan bahan busana, pola hingga warna, semuanya berkiblat pada dunia internasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Saat Su’ud menilai bahwa tren fashion di Indonesia tidak akan jauh berbeda dengan tren fashion Internasional. Menurutnya, hampir seluruh desainer-desainer terkenal meluncurkan karyanya dengan konsep yang sama dalam hal pola, warna hingga bahan yang digunakan. Diantaranya flower delivery yang akan menaungi tren fashion 2017 ini.

“Saat menghadiri New York 2016 lalu, memang ada beberapa gaya busana yang akan menjadi tren lagi di tahun 2017 ini. Hasil evaluasi saya, hampir seluruh desainer menciptakan karya yang sama. Seperti pattern, nanti akan didominasi oleh striped dengan garis horizontal, vertikal dan kombinasi. Kemudian, ada lagi flower delivery atau motif bunga-bunga. Ini juga diprediksi akan mendominasi tren fashion di tahun 2017 ini,” paparnya.

Sementara itu, terkait dengan warna, Suud menjelaskan masih akan didominasi warna-warna solid seperti pastel dan natural. “Untuk tren hijab juga sama, ya. Masih didominasi oleh motif bunga-bunga dan bermain warna,” ungkapnya.

Pada kesempatan sama, hal senada dengan Su’ud Alwi, Istafiana Candarini, Fashion Designer sekaligus owner dari Kami Idea pun menjelaskan bahwa konsep bunga dan warna akan tetap mendominasi di tahun 2017 ini.

“Kalau berdasarkan evaluasi dan minat konsumen terhadap fashion, saya melihat untuk tren 2017 nanti masih didominasi oleh warna dan alam, ya. Seperti warna-warna pastel, warna-warna alam (olive dan stone), warna-warna buah, warna neon (neon buah kiwi) akan menjadi tren. Untuk pattern sendiri juga berhubungan dengan alam, seperti bunga, dan juga motif dari hewan seperti capung, kupu-kupu dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, Desainer busana muslim Ria Miranda, tren hijab di 2017 juga turut mengalami perubahan meski tidak signifikan. Namun, tren hijab 2017 akan jauh lebih simpel dibandingkan 2016. “Kalau aku lihat semakin klasik, semakin minimalis,” paparnya.

Meski begitu, dikatakan Ria wanita berhijab baiknya tidak fokus pada tren melainkan kenyamanan sehingga mudah dimodifikasikan sesuai dengan gaya masing-masing. “Tetap jadi diri sendiri. Untuk tren wanita berhijab 2017 nanti, aku prediksi bakal lebih banyak yang memutuskan untuk berhijab,” tandasnya. (njs/dbs)


Back to Top