Tokoh Muda Serambi Mekkah Deklarasikan Komunitas Tahajud Banda Aceh

gomuslim.co.id- Shalat tahajud adalah ibadah yang memiliki keberkahan berlipat dan diberikan kepada mereka yang mengerjakannya dengan ikhlas di sepertiga malam. Karena itu, beragam upaya kian dilakukan umat Muslim untuk menunaikannya.

Pada hari Minggu (1/1), berlokasi di Masjid Jami Lung Bata Banda Aceh, sejumlah tokoh muda dari beragam latar belakang di Kota Banda Aceh mendeklarasikan ‘Komunitas Tahajud Banda Aceh’.

Gerakan komunitas ini dideklarasikan oleh delapan deklarator, masing-masing, DR. Salman Alhafidz, MA (Imam Masjid Raya), Ir. Amir Ridha (Pengusaha), Zulfikar Abdullah, ST (DPRK), DR. Ahmad Rijal, Lc, MA (Imum Syik Lueng Bata), Afdhal Khalilullah (KNPI), Ammar Fuad (KNPI), Muhammad Hakiki dan Muhammad Luthfi (Mahasiswa Banda Aceh di Mesir).

Inisiator sekaligus Deklarator Komunitas Tahajud Banda Aceh, mengatakan bahwa komunitas ini dibentuk untuk meningkatkan syiar Islam, terutama Shalat Tahajud.

“Diharapkan komunitas ini dapat diterima baik oleh masyarakat, khususnya anak muda sebagaimana berkembangnya komunitas subuh keliling. Gerakan ini merupakan syiar yang rencananya bisa kita selenggarakan setidaknya satu bulan satu kali, berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid lainnya,” pungkas Ahmad.

Zulfikar Abdullah, yang juga inisiator dan deklarator komunitas itu menyatakan, kegiatan kelompok yang dibentuknya ini dimulai dengan Shalat Isya berjamaah, dilanjutkan dengan tausiah. Kemudian kegiatan dengan tilawah Alquran satu juz.

“Selanjutnya, kami istirahat sejenak, dan tengah malam dibangunkan untuk tahajud, dilanjutkan dengan doa bersama. Kemudian shalat subuh berjamaah baru pulang. Kalau Senin atau Kamis, kami upayakan ada sahur juga bagi yang ingin berpuasa,” tutur Zulfikar.

Di kesempatan yang sama, Ketua KNPI Banda Aceh Afdhal Khalilullah Mukhlis menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Komunitas Tahajud. Ia berharap shalat tahajud menjadi semakin populer di kalangan anak-anak muda Banda Aceh.

"Kehadiran komunitas ini merupakan upaya mengajak masyarakat, terutama kalangan anak muda untuk shalat lima waktu berjamaah serta Shalat Tahajud," ungkap Afdhal.

Shalat tahaujud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karen amanfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajud sangat dianjurkan bagi umat muslim. Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini.

Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua itu hanya dapat diraih jika kita rajin untuk bertahajud. Mungkin, ini pula yang menjadi sebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajud. Bahkan, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, sebelum sholat lima waktu diwajibkan kepada Rasulullah, perintah melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali diterima oleh beliau dari Allah SWT. (nat/dbs)


Back to Top