Film ‘Mengejar Halal’ 2017

QnA: Ini Cerita Ahmad Rhezanov Tentang Proses Syuting Film Layar Lebar Perdana Film Maker Muslim

gomuslim.co.id- Setelah kurang lebih tiga tahun menghiasi layar Youtube dengan film pendek dan Web Series, @Filmmakermuslim (FMM) mulai meluaskan sayap karya mereka dengan menggarap film layar lebar dengan judul Mengejar Halal. Film bergenre komedi romantis yang berbalut pesan keIslaman tersebut telah menyelesaikan proses pengambilan gambar bulan Agustus 2016 dan saat ini berada dalam proses editing.

Adapun, Mengejar Halal adalah film hasil kolaborasi antara @filmmakermuslim, DAQU Movie, gomuslim.co.id, dan Muara Studio. Film ini diramu oleh sutradara dan penulis yang bertanggung jawab atas kesuksesan sebuah film pendek berjudul Cinta Subuh. Setelah merasa cukup kuat untuk menelurkan film layar lebar, M. Amrul Ummami (sutradara) dan Muhammad Ali Ghifari (penulis) berkolaborasi sekali lagi demi menyebar nilai keislaman lewat film Mengejar Halal.

Salah satu talent yang bermain di film ini adalah aktor pendatang baru, yaitu Ahmad Rhezanov. Pria kelahiran 7 November 1989 ini bercerita kepada gomuslim tentang pengalamannya berakting di film layar lebar perdana FMM. Berikut Question and Answer (QnA)  bersama aktor yang akrab disapa Rhezy ini:

Berperan sebagai siapa di film Mengejar Halal (MH)?

Dalam cerita film Mengejar Halal, aku berperan sebagai Shiddiq.

Peran atau tokoh tersebut karakternya seperti apa dan adakah kesulitan atau kesan-kesan selama proses syuting film ini?

Karakter Shiddiq itu lumayan suka ngga konsen, jadi linglung gitu, tapi dari kelinglungannya itu dia sebenarnya terlihat setia orangnya. Oiya, dia juga jago beladiri.

Kesan dan kesulitan yang paling tak bisa dilupakan di syuting MH ini adalah saat adegan berantem/fighting. Karena mungkin kurang pemanasan/stretching, jadi kaki aku terkilir, lumayan susah juga ngakalinnya supaya lancar syutingnya. Waktu itu, bertepatan juga dengan adzan Zuhur, katanya kalau lagi adzan semua aktivitas kalau bisa berhenti dulu kan ya. Terjadilah musibah itu sampai setelah kejadian itu, aku jalan pakai tongkat selama 3 bulan.

Dan karena di sini selain menjadi talent jg lebih banyak ikut aku jadi crew di balik layar. Jadi manager produksi yang mana harus mempersiapkan segalanya dari A sampai Z. Itu pengalaman yang paling berkesan sepertinya..Hehe

MH adalah karya layar lebar pertama FMM. Menurut kamu, apa keunggulan film ini yang membuatnya beda dengan film religi sejenis lainnya?

Rata-rata film Religi Indonesia dibalut hanya dengan drama, tapi di film ini FMM membuatnya bukan hanya dari dramanya saja. Dengan berbagai karakter yang ada di film ini, banyak inspirasi-inspirasi dan pesan yang mungkin bisa jadi masukan kita di kehidupan nyata.

Kenapa masyarakat Indonesia harus nonton MH?

Karya-karya FMM Alhamdulillah sudah memiliki banyak respon dari masyarakat seluruh Indonesia dan juga sudah mulai meranah ke manca negara. Film MH ini juga sudah banyak pertanyaan kapan tayangnya, jadi kalau kita ngga sempat menonton Film Mengejar Halal ini yang mana ini adalah Film pertama FMM, kita akan ketinggalan dari yang lain dan jangan sampai menyesal karena ngga keluar di channel youtube FilmMakerMuslim.

“Karena itu, ayo tonton Film Mengejar Halal karena di film ini setiap scenenya akan ada banyak pesan dan inspirasi-inspirasi buat kita semua yang mungkin malah bisa mirip sama cerita hidup kita atau malah akan kita jalani. Bukan ditujukan hanya untuk kalangan Muslim atau muslimah saja, smua orang bisa menikmatinya loh...”, pungkas aktor yang juga aktif membangun bisnis garment dan konveksi ini.

 

Sinopsis Film Mengejar Halal:

Mengejar Halal menceritakan tentang sosok muslimah berusa 28 tahun bernama Haura, seorang gadis muda yang tinggal bersama kakaknya, Yaser, dan iparnya Zizi. Haura adalah sosok wanita yang ceria dan enerjik. Tapi, Haura sudah berkali-kali batal melangsungkan pernikahan. Haura mulai was-was, takut berakhir sebagai perawan lanjut usia.

Di tengah kegalauan hidupnya, Haura bertemu dengan seorang pria luar biasa bernama Halal. Tidak ada satupun dari diri Halal yang tidak menarik bagi Haura. Taqwa, tampan, tajir, pemilik lembaga pendidikan pula, apalagi yang kurang? Haura memutuskan untuk melakukan segala daya dan upaya demi mendapatkan cinta mas Halal.

Haura mulai terjangkit obsesi berlebih dalam mendapatkan Halal. Yaser dan Zizi mulai gerah dengan kelakuan Haura, mulai dari menghabiskan hari-harinya membuntuti Halal, sampai memaksa keponakannya pindah sekolah ke sekolah Halal demi mendapat kesempatan mengobrol dengan sang pujaan hati.

Sayang, walau Yaser dan Zizi selalu mengingatkan, cinta Haura pada Halal terlalu besar, sampai nasihat dari kakak dan iparnya tak lagi didengar oleh Haura. Lebih dari itu, Haura bolos dari pekerjaannya sebagai desainer, memusuhi teman-teman yang mengingatkannya agar tak terobsesi dengan manusia.

Apakah Haura akan berhasil mendapatkan cinta Halal? Atau justru sadar dan mengakhiri perjuangannya mengejar sang pujaan Hati? Ikuti terus artikel seputar film Mengejar Halal di www.gomuslim.co.id. Film Mengejar Halal akan tayang di bioskop pada Maret  2017 mendatang. (fau/fmm)

Baca juga:

 ‘Mengejar Halal’: Karya Terbaru Filmmaker Muslim Ini Segera Warnai Layar Lebar Tanah Air pada 2017

 

 

 


Back to Top