Elcorps Grup Bangun Kawasan Bisnis Muslim Lifestyle Terpadu di Kota Bandung

gomuslim.co.id- Perkembangan industri produk halal dan syariah tidak lepas dari peranan banyak pihak, tidak terkecuali pelaku bisnis fashion busana Muslim. Sebagai gebrakan terbaru pada tahun 2017, sejumlah perusahaan seperti Elhijab, Elfoo dan Elcommerce yang tergabung dalam Elcorps Grup berencana mengembangkan kawasan bisnis terpadu Muslim Lifestyle.

Rencananya, kawasan tersebut akan berlokasi di Pasir Koja, Bandung, Jawa Barat. Kawasan bisnis ini dibuat untuk mengakomodir keseluruhan proses manajemen dan rantai pasok (supply chain) sejumlah merek perusahaan Elcorps dari hulu hingga ke hilir. Pembangunannya akan dimulai pada Februari 2017 mendatang.

Chief Executive Officer (CEO) Elcorps Grup Elidawati mengatakan hadirnya kawasan bisnis terpadu bergaya muslim ini menjadi kontribusi terbesar perusahaan bagi perkembangan industri halal di Tanah Air, khususnya industri fashion muslim. “Adapun mengenai perusahaannya seperti Elzatta hijab, DAUKY fashion hijab, Aira festival, Hassanal dunia hijab, Elstyle dan El n'Bread. Seluruhnya, baik hulu maupun hilir akan dilakukan dalam satu tempat,” tegasnya.

Kawasan bisnis ini, kata dia, akan dibangun oleh PT Wijaya Karta (WIKA) Tbk sebagai kontraktor utama dan PT Ghewantika Konstruksi sebagai kontraktor spesialis baja dan metal sheet. Kedua perusahaan terpilih setelah melalui proses lelang (tender).

Lebih lanjut, Elidawati menambahkan BRI sebagai lembaga pengelola pembiayaan. “Kawasan bisnis ini akan menggunakan lahan sebesar 14.500 meter persegi (m2). Dari lahan yang ada, sebanyak 13.500 m2 akan difungsikan sebagai bangunan,” katanya.

Untuk tahap pertama, Elcorps akan mendirikan bangunan seluas 8.500 m2, yang direncanakan rampung akhir tahun ini. Sedangkan pemancangan tiang perdana diperkirakan akan dilakukan pada Februari 2017 ini. Namun, total investasi keseluruhan proyek kawasan industri ini enggan disebutkan.

"Untuk tahap pertama kami targetkan rampung 10 bulan. Mudah-mudahan nanti November sudah ada karyawan kami yang bisa pindah ke sana," tambahnya.

Sementara itu, untuk tahap pembangunan selanjutnya, kata Elidawati, masih belum diketahui kapan akan menyusul untuk digarap. Pihaknya, lebih dulu akan lebih dulu melihat seberapa banyak ruang perkantoran tahap pertama bisa menampung para karyawan Elcorps.

Namun, tidak dipungkiri ke depan pihaknya juga membuka peluang untuk menyewakan beberapa ruang perkantoran kepada pihak lain. “Mungkin kita akan lihat di tahap pertama. Karena pada dasarnya juga kita ingin ke depannya dengan luas seperti itu ada juga yang kami akan sewakan rent office kepada pihak lain," tuturnya.

Diperkirakan, rencana ruang perkantoran untuk disewa tersebut mengambil porsi sekitar 25% dari total pembangunan secara keseluruhan. Sebab, langkah ini ke depannya dipandang sebagai suatu peluang. “Ini kan menjadi peluang baru juga banyak orang yang ingin berkantor. Kalau di sebuah kawasan yang sudah tertata, mudah-mudahan itu bisa membuat orang semakin tertarik," ucapnya.

Elidawati mengungkapkan kehadiran kawasan bisnis terpadu muslim lifestyle Elcorps menjadi sebuah revolusi dalam dunia industri Tanah Air, khususnya industri fashion Muslim. Ia berharap dengan berdirinya kawasan ini, upaya Elcorps untuk menghadirkan produk-produk halal dan Islami, akan semakin terintegrasi satu sama lain. (njs/dbs) 


Back to Top