Tingkatkan Ekonomi Umat, Rumah Zakat Perkuat Program Beternak Domba di Jawa Barat

gomuslim.co.id- Sebuah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat mendorong ekonomi masyarakat di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dengan program Beternak Gaduh Domba yang sudah dirintis sejak 2013.

Sukarelawan Inspirasi Rumah Zakat Subang, Nana Hidayat melalui siaran pers di Bandung, Senin (9/1) mengungkapkan bahwa Rumah Zakat menggulirkan program gaduh domba untuk meningkatkan ekonomi warga di Desa Cisaat. Program tersebut sudah mulai dirintis sejak 2013 dengan jumlah anggota awal sebanyak 15 orang kemudian bertambah menjadi 30 orang.

“Setiap warga diberikan lima ekor domba betina dan satu ekor domba jantan untuk dikembangbiakkan. "Kini warga sudah bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari domba yang mereka pelihara," ujar Nana.

Nana menambahkan, warga yang mendapatkan program beternak yakni dari kalangan petani dan peternak di Desa Cisaat. Sebelumnya warga di desa tersebut hanya beternak seadanya yang hasilnya tidak berkembang untuk kesejahteraan peternaknya.

Lanjutnya, program yang digulirkan tersebut akan terus menunjukan perkembangan yang baik, melihat karakter penduduk lokal adalah petani dan peternak yang tidak banyak kesulitan dalam membinanya.

Seorang penerima manfaat program Gaduh Domba, Sudirman, mengatakan saat ini sudah memelihara 15 ekor domba, sebelumnya telah berhasil menjual 10 ekor domba. "Alhamdulillah, saya banyak terbantu oleh adanya Gaduh Domba ini, selain target kurban, saya juga ingin membeli motor dari hasil domba ini," kata Sudirman.

Selain program gaduh domba, RZ juga menyalurkan beasiswa, bantuan ekonomi serta mendirikan masjid. Kedepannya, pembinaan dari RZ ini terus diadakan karena sangat bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan warga. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Adapun, anjuran berternak hewan seperti domba, kambing, sapi maupun unta tercantum dalam hadits. Dari Ummu Hani, Ia berkata : “Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Hendaklah kalian mengambil kambing untuk dipeli­hara. karena kambing-kambing ini pagi hari pergi dengan membawa kebaikan dan sore hari pulang dengan membawa kebaikan.’ (HR. Ahmad)

Rasulullah SAW menjelaskan manfaat dari beternak yakni pada pagi hari hewan ternak dapat diperah susunya. Jika belum mengeluarkan air susu, kotoran hewan ternak dapat memberi manfaat bagi manusia, di antaranya menjadi pupuk tanaman, sehingga beternak hewan ternak akan memberi keuntungan. Keuntungan tersebut akan semakiin bertambah bila hewan ternak tersebut ini telah beranak yang dengan sendirinya akan mengeluarkan air susu pagi dan sore hari. Selain itu, daging dan kotorannya pun dapat dimanfaatkan oleh manusia. (nat/rz/dbs)

 


Back to Top