Usung Konsep Pasar Tradisional Arab, Dubai Shopping Festival 2017 Tarik Minat Turis Dunia

gomuslim.co.id- Dubai memang tak ada hentinya melakukan terobosan baru terkiat tata kota dan kualitas pariwisata. Hal ini membuatnya menjadi salah satu destiansi wisata favorit para turis dunia. Baru-baru ini, dalam rangka menyambut tahun baru 2017, Dubai menggelar sebuah festival yang akan berlangsung sampai akhir Januari 2017 mendatang.

Festival ini memungkinkan para turis untuk  bisa merasakan berenang bersama hiu, meluncur dari gunung es bersalju di dalam mal, dan berbelanja di pasar tradisional Arab serta menyusuri Fashion Avenue modern.

Apalagi, kini Dubai memiliki 95 pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan berbagai departement store, seperti Harvey Nichols, Bloomingdales, Galleries Lafayette, Fotnum and Mason, dan Marks and Spences, pengalaman belanja Anda menjadi lebih berkesan. Salah satu kota termewah di dunia ini selalu menggelar Dubai Shopping Festival dan Dubai Summer Surprises.

Adapun, Dubai Shopping Festival sendiri merupakan festival belanja terbesar di Timur Tengah yang menjadi daya tarik jutaan wisatawan lokal maupun global. Tahun ini festival yang digelar untuk ke-22 kalinya telah dibuka 26 Desember 2016 dan akan berakhir pada 28 Januari 2017. Lebih dari 200 selebritas dan influencers, 4 ribu toko retail, dan total hadiah 370 miliar akan turut memeriahkan gelaran akbar surganya para gila belanja.

Di Dubai, wisatawan juga akan dapat menemukan pusat perbelanjaan terbesar di dunia, The Dubai Mall, dengan luas 12 juta meter persegi. Pada tahun 2015, pusat belanja dan hiburan ini menyambut 80 juta pengunjung – yang mengalahkan jumlah pengunjung New York’s Times Square. Mall-mall baru terus hadir untuk memenuhi berbagai obsesi. Pada tahun 2015, BOXPARK dibuka, dan menyebut dirinya sebagai ‘kawasan urban’.

Berdasarkan berbagai proyek pembanungan urban di kota-kota kosmopolitan lainnya, BOXPARK merupakan kumpulan kontainer industrial yang bergaya eksentrik dan menghadirkan butik, kafe, yang disusun diantara taman. Salah satu yang terbaru, pada bulan Februari 2016, Dragon Mart 2 dibuka, yang menjadi tahap kedua menyusul pembukaan komplek retail Dragon Mart, menjadikan pusat perdagangan Tiongkok terbesar di luar negara Tiongkok dengan 570 toko, 520 booth dan sebuah tempat parkir yang mampu menampung 4.500 mobil.

Tidak hanya itu, pusat perbelanjaan di Dubai juga menghadirkan berbagai hal untuk dinikmati. Salah satunya adalah Ibn Battuta Mall yang menghadirkan pesona Andalusia, Tiongkok dan Mesir.

Berdasarkan siaran pers yang gomuslim terima dari Dubai Tourism Board ada lebih dari 95 pusat perbelanjaan yang berpartisipasi. Berbagai department store seperti Harvey Nichols, Bloomingdales, Galleries Lafayette, Fortnum and Mason, dan Marks and Spencer akan memberikan penawaran terbaiknya.

Festival belanja selama sebulan penuh ini akan lebih besar, lebih meriah, lebih berwarna dan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dubai Shopping Festival menjanjikan berbagai atraksi selama 34 hari, termasuk 200 selebriti dan influencers, 4.000 toko retail yang berpartisipasi, 5.000 promosi dari berbagi toko retail dan total hadiah senilai AED 100 juta (IDR Rp370 miliar) untuk dimenangkan.

Berikut beberapa rekomendasi  pusat perbelanjaan mana saja yang bisa Anda kunjungi saat sedang di Dubai:

Pertama, Anda dapat mengunjungi pusat perbelanjaan terbesar di dunia, The Dubai Mall yang memiliki luas 12 juta meter persegi. Bisa juga datang ke BOXPARK. Mal yang menyebut dirinya sebagai ‘kawasan urban’ ini merupakan kumpulan kontainer industrial yang bergaya eksentrik dan menghadirkan butik, kafe, yang disusun di antara taman. Atau Anda bisa berbelanja di Dragon Mart 2 yang baru dibuka pada Februari 2016. Komplek Dragon Mart ini memiliki 570 toko, 520 booth dan sebuah tempat parkir yang mampu menampung 4.500 mobil.

Kedua, untuk pengalaman belanja dengan pesona Arab yang berbeda, kunjungi souq (pasar tradisional Arab). Souq Al Bahar dan Madinat Souq merupakan dua tempat dengan sentuhan modern namun tetap memancarkan pesona tradisional yang jauh dari gemerlap hotel berbintang.

Anda juga bisa kembali ke masa lampau dengan mengunjungi pasar historis berusia ratusan tahun yang terletak di sisi Dubai Creek. Buru bahan tekstil terbaik di Textile Souq, nikmati aroma kunyit dan dupa saat Anda melangkahkan kaki menyusuri Spice Souq, dan bersiaplah untuk terkagum dengan jajaran emas dan berlian di Gold Souq yang terkenal.

Ketiga, pengalaman lokal lainnya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi pasar mingguan seperti Zabeel Park yang ada setiap Jumat pagi, atau Al Barsha Pond Park yang ada setiap Sabtu malam. Di sana Anda akan menjumpai seniman lokal menjajakan pernak-pernik lokal seperti barang seni, dan petani menjual berbagai hasil bumi organik yang baru saja dipanen.

Terakhir, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman lokal maupun internasional? Kunjungi Global Village. Di tempat ini ada lebih dari 65 negara hadir bersama dalam 37 pavilion megah untuk mempertunjukkan produk-produk lokal mereka. Beli madu dari Yemen, karpet dari Iran, pot kayu dari Afrika dan buah-buahan kering dari Thailand. Tidak ada satupun pavilion yang sama, dan pengunjung akan dibawa ke sebuah petualangan global.

 Untuk info lengkap tentang event Dubai Shopping Festival 2017, Anda bisa kunjungi laman resmi DSF di www.visitdubai.com/id/. (fau/visitdubai)


Back to Top