Perkuat Pariwisata Halal, Aceh Lakukan Sertifikasi Halal untuk Tenant di Area Bandara Sultan Iskandar Muda

gomuslim.co.id- Aceh menjadi salah satu Provinsi yang meraih penghargaan dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu. Pasca kemenangan tersebut, Provinsi dengan julukan Serambi Mekkah ini terus berbenah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke destinasi wisata halalnya.

Seperti baru-baru ini, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda terus melakukan peningkatan layanan guna mendukung destinasi wisata halal di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. General Manager Bandara Iskandar Muda Surahmat menuturkan salah satu yang dilakukan untuk mendukung destinasi wisata halal tersebut adalah melakukan sertifikasi halal bagi seluruh tenant makanan dan minuman di area bandara.

Surahmat juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembenahan di area bandara seperti penambahan garbarata dan juga ruang VIP. Selain itu, pihak bandara juga akan  melakukan pembenahan dan pengembangan ini dengan Pemda.

Selain pengembangan fasilitas bandara, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda juga akan mengembangkan rute penerbangan, baik domestik internasional untuk mendatangkan wisatawan asing ke Aceh. Apalagi, bandara ini sudah memiliki runway sepanjang 3.000 meter dan bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747 dan 777. Adapun rute yang akan dibuka yakni Aceh-Bandung, Aceh-Yogyakarta, dan Aceh-Singapura.

Sebelumnya, bandara yang berada di bawah kelolaan PT Angkasa Pura II ini dinobatkan sebagai World’s Best Airport for Halal Travellers dalam World Halal Tourism Awards 2016.

Adapun, Aceh menjadi salah satu tujuan wisata favorit kebanggaan Indonesia. Provinsi yang mempunyai julukan Serambi Mekkah ini terkenal dengan keelokan alamnya menjadi magnet para pelancong lokal maupun asing.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Aceh per Juli 2016 mengalami peningkatan drastis tercatat 79.582 penumpang yang diangkut melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Angka tersebut menunjukkan peningkatan hingga 22,17 persen dari bulan Juni lalu.

Secara total, seluruh bandar udara di Aceh mengangkut sebanyak 94.576. Jumlah wisatawan luar negeri tersebut kebanyakannya berasal dari Malaysia, Cina dan Australia.

Apalagi, Aceh bersama wakil dari daerah lain ikut mewakili Indonesia di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pada ajang ini, Aceh menang dengan meraih dua predikat di dua kategori, yaitu Destinasi Wisata Budaya dan Bandara ramah Muslim. (fau/disbudparaceh/dbs)

Baca juga:

Inilah Bandara Internasional Ramah Muslim Wakil Indonesia di Ajang 'World Halal Tourism Award' 2016


Back to Top