Program ‘Siaga Sehat’ Rumah Zakat Ajak Lansia Jaga Kebugaran dengan Senam Bersama

gomuslim.co.id- Selain program pendidikan dan bantuan keuangan untuk kaum dhuafa, Lembaga filantropi Rumah Zakat (RZ) juga memperhatikan kaum lanjut usia dengan program pemberdayaan ‘Siaga Sehat’. Baru-baru ini, sekelompok lansia yang tergabung dalam Klub Jantung Sehat di kota Kediri mengajak para lansia untuk selalu aktif berolahraga dan senantiasa menjaga kesehatan tubuh mereka.

Kegiatan senam bersama ini berlangsung pada Selasa (10/01) pagi, para lansia yang tergabung dalam klub ini kembali melakukan senam sehat bersama di depan Kantor KONI Kota Kediri di Jalan PK Bangsa. Kali ini jumlah lansia yang hadir sebanyak 40 orang. Kegiatan senam ini merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan 2 kali sepekan setiap hari Selasa dan Kamis.

RZ sebagai salah satu lembaga kemanusiaan melalui Cita Sehat juga mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh klub Jantung Sehat ini. Adapun dukungan yang diberikan antara lain dalam bentuk pemeriksaan kesehatan rutin, pemberian makanan tambahan, edukasi kesehatan dan membantu dalam pelaksanaan senam sehat.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Rumah Zakat yang selalu mendukung kami dalam berbagai kegiatan yang kami laksanakan. Semoga kerja sama ini dapat terus berlangsung sehingga kondisi kesehatan masyarakat lansia khususnya di Kota Kediri semakin baik lagi,” tutur Ibu Is, salah satu pengurus Klub Jantung Sehat Kota Kediri, sepertri dilansir dari publikasi RZ.

Selain itu, lewat program ‘Siaga Sehat’, RZ juga membuat program Posyandu Lansia terdiri dari senam sehat dan wisata lansia. Program yang sudah berjalan selama dua tahun tersebut telah diikuti oleh 80 orang lansia di wilayah itu.

“Tujuan dari Posyandu lansia adalah untuk memantau kesehatan para lansia dan juga menambah produktivitas mereka. Ya, semoga dengan adanya Posyandu Lansia ini bisa mengurangi keluhan kesehatan mereka,” ujar Binti, Ketua Posyandu Lansia.

Program senam lansia dilaksanakan rutin sebulan sekali. Sementara untuk wisata lansia dilaksanakan 6 bulan sekali menggunakan uang yang ditabung oleh peserta.

“Peserta senam lansia ini memang ramai sekali. Meski tak lagi lincah, tapi terlihat gerakan-gerakannya dilakukan dengan penuh semangat dan mereka kelihatan senang. Apalagi saat acara rekreasi, mereka semakin bersemangat untuk ikut,” tambah Binti.

Tidak hanya itu, RZ Kediri juga telah mengembangkan Posyandu Balita dan Aksi Siaga Jentik. Selain itu, akan mulai dilakukan pula program Caregiver untuk lansia yang sudah jompo.

Adapun, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)

 


Back to Top