Ini Kuota Haji Jemaah Indonesia pada Tahun 2017

gomuslim.co.id – Kabar gembira datang dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pasca menerima beberapa delegasi negara untuk membahas MoU haji 2017. Pasalnya, Raja Salman menginstruksikan Menteri Haji dan Umrah, Mohammed Saleh Benten, untuk menambah kuota haji bagi setiap negara.

Sejak empat tahun sebelumnya, kuota haji setiap negara memang dipangkas. Hal ini karena Arab Saudi sedang melakukan renovasi Masjidil Haram. Raja Salman memastikan bahwa renovasi tersebut rampung pada musim haji tahun ini, sebagaimana dikutip dari Laman Resmi Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Negara menyampaikan bahwa kenaikan kuota haji Indonesia bertambah hingga 52.200 jemaah. Angka tersebut terdiri dari 42.200 kuota normal sebelum renovasi Masjidil Haram pada tahun 2013. Sementara itu, angka 10.000 sisanya merupakan hasil kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada September 2015 silam.

Untuk menindaklanjuti permohonan Presiden RI kepada Kerajaan Arab Saudi terkait kuota 10.000 tambahan tersebut, Menteri Agama dan Menteri Luar Negeri Indonesia menindaklanjuti rencana tersebut saat bertemu Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammad bin Salman, pada September 2016 silam di Hangzhou, Tiongkok.

“Dari proses pembahasan tindak lanjut tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi telah memutuskan untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.000 menjadi 211 ribu untuk tahun 2017,” jelas Presiden pada Rabu (11/01).

Dalam empat tahun terakhir, kuota haji untuk jemaah haji Indonesia hanya mencapai 168.800 jiwa. Seiring rampungyan renovasi Masjidil Haram, Indonesia mendapat kuota normal kembali sebanyak 211.000 jemaah.

Didampingi Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, dan Menteri Luar Negari Retno Marsudi, Presiden Jokowi menegaskan bahwa jumlah keseluruhan jemaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan pada tahun ini sebanyak 221.000.

Presiden Jokowi juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji seluruh negara, terutama Indonesia. Oleh karena itu, keputusan ini menjadi acuan untuk segera melakukan persiapan haji 2017 sedini mungkin.

Untuk diketahui, publikasi Alarabiya menyebutkan bahwa lembaga statistik pemerintah Arab Saudi mencatat bahwa jumlah jemaah haji pada tahun 2016 dari seluruh negara mencapai 1.862.909. Jemaah yang berasal dari Saudi sendiri hanya 537.537. Sementara itu, jemaah dari negara di luar Saudi mencapai 1.325.372. (ihs/Kemenag/dbs)


Back to Top