Kuliner Halal Sumatera Barat Akan Tebar Pesona di Pameran Wisata Terbesar Norwegia

gomuslim.co.id- Setelah meraih prestasi di ajang bergengsi World’s Halal Tourism Award di Dubai tahun 2016 silam, negara yang terkenal dengan archipelago ini kembali unjuk gigi mempromosikan Provinsi Sumatera Barat sebagai destinasi wisata peraih Worlds Best Halal Destination dan Halal Culinary 2016. Promosi akan berlangsung di Reiselivsmessen 2017, Oslo, Norwegia, pada tanggal 13-15 Januari 2017 mendatang, ini merupakan salah satu ajang pameran terbesar di Nordik.

Tak tanggung-tanggung, pelantun lagu Nasi Padang, Audun Kvitland, dan tim penari Sumatera Barat serta kuliner khasnya akan terjun langsung memeriahkan program kesenian di Reiselivsmessen. Selain itu, Garuda Indonesia, yang juga menyabet World’s Best Airline for Halal Travellers 2016 di Dubai, turut mensponsori pameran ini.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia di Oslo, Yuwono A. Putranto, menjelaskan KBRI Oslo menangkap peluang untuk memperkenalkan Provinsi Sumatera Barat sebagai bagian dari destinasi wisata kepada publik Norwegia. “Selagi masih hangat-hangatnya memperoleh penghargaan World’s Halal Tourism Awards 2016, kita melihat pentingnya memperkuat upaya promosi Provinsi Sumatera Barat,” ujar Yuwono.

Keberpihakan dan partisipasi KBRI Oslo merupakan hasil dari dukungan dan kolaborasi dari banyak pemangku kepentingan, termasuk dari Kementerian Pariwisata RI.

Pameran Reiselivsmessen diperkirakan akan diikuti sekitar 400 exhibitors dan memamerkan lebih dari 120 negara tujuan destinasi wisata. Pameran yang berlangsung tiga hari ini, menargetkan sekitar 45.000 pengunjung, yang berasal dari Norwegia dan negara-negara Nordik.

“Anjungan Indonesia akan menempati area seluas 30m2 dan terletak di posisi strategis, bersebelahan dengan panggung utama pameran. Indonesia juga akan memperoleh perhatian besar karena peran utama yang diberikan oleh panitia untuk penampilan kesenian dan kuliner Provinsi Sumatera Barat,” papar Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia, yang dilansir dari publikasi Minangkabaunews.

Tidak hanya Provinsi Sumatera Barat, anjungan Indonesia juga akan mempromosikan destinasi wisata alam dan wisata bahari seperti dari Provinsi NTT khususnya Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak mau ketinggalan, Baleka Resort & Spa dan Risata Resort Bali juga memberikan 9 vouchers paket akomodasi dan tour di Bali bagi pengunjung anjungan Indonesia yang memenangkan kompetisi.

Selain itu, Gubernur Propinsi Sumatera Barat akan turut memimpin misi promosi pariwisata Sumbar, saat ini KBRI Oslo tengah mempersiapkan sejumlah pertemuan dengan mitra terkait di Norwegia guna mengangkat peluang investasi.

Duta Besar Yuwono mengatakan beberapa perusahaan besar Norwegia di bidang energi, perikanan dan pariwisata telah dihubungi KBRI Oslo untuk misi investasi Sumatera Barat guna memperkuat dukungan dan kerja sama teknis di sektor-sektor terkait.

Setiap tahunnya di bulan Januari, Norwegia selalu menggelar pameran wisata Reiselivsmessen. Dari pameran ini, para pengunjung akan mempertimbangkan kemana mereka akan berwisata untuk liburan musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (November-Desember).

Selain itu, masyarakat Norwegia juga memiliki tradisi berwisata yang tinggi dan memiliki spending yang besar. Dalam 1 tahun, rata-rata untuk berlibur adalah 30 hari. Mereka pun mendapatkan tunjangan berlibur tiap tahun. Potensi inilah yang membuat KBRI Oslo terus melakukan berbagai promosi wisata, guna mendorong peningkatan wisatawan asal Norwegia. (nat/minangkabaunews/dbs)

 


Back to Top