Guru Besar IPB: Ini Tiga Ciri Sosok Muslim Ideal Dambaan Umat Islam

gomuslim.co.id- Menjadi sosok Muslim Ideal adalah keinginan semua umat  Islam. Selain disiplin dalam beribadah, menjalankan sunnah Rasulullah juga menjadi bagian dari Taqwa kepada Allah SWT. Semua perbuatan baik akan membawa membawa manfaat dan kemaslahatan bagi umat.

Pada kegiatan pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Insani (SBBI), Jumat, (13/1) di Masjid Al-Ikhlas, Bogor, Jawa Barat. Guru Besar IPB Bogor Prof Dr. KH Didin Hafidhuddin MS mengatakan bahwa ciri-ciri sosok Muslim ideal sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Surah Ibrahim ayat 24-25.

Di kesempatan tersebut Didin membahas tafsir tematik Alquran Surah Ibrahim (surah 14) ayat 24-26, yang artinya sebagai berikut: “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, (ayat 24) pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (ayat 25) Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun. (ayat 26).

Lanjut Din, ayat-ayat tersebut mengungkapkan ciri sosok Muslim ideal seperti digambarkan oleh Allah SWT. “Sosok Muslim yang ideal adalah yang memiliki tiga ciri atau unsur yang saling menguatkan,” tutur Didin.

Direktur Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor ini menjelaskan arti yang tersirat dari ayat tersebut, Pertama, pohon yang baik itu akarnya teguh. “Muslim yang ideal itu mempunyai akar yang kuat, tidak mudah guncang karena angin atau badai. Akar yang kuat itu adalah tauhid atau akidah yang kuat, yang tidak mudah goyah walaupun banyak tantangan dan tekanan,” papar Didin yang juga mantan ketua Baznas.

Kedua, pohon yang baik itu cabangnya menjulang ke langit. “Sosok Muslim yang ideal itu syariah atau ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, tepat waktu, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain,” lanjutnya.

Dan yang Ketiga lanjut Didin, pohon itu memberikan buahnya, dari akidah dan syariah yang kuat, maka akan melahirkan akhlak yang mulia atau akhlaqul karimah. “Inilah tiga ciri sosok Muslim ideal yang digambarkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya, yakni mempunyai akidah yang kuat, ibadah yang kuat, dan akhlak yang mulia,” tutur Didin memaparkan.

Secara harfiah “Muslim” artinya “berserah diri”. Namun secara istilah “Muslim” adalah orang yang beragama Islam. Berarti Muslim adalah orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, serta berserah diri kepada-Nya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ideal ; ide-al berarti sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki.

Muslim ideal adalah Muslim yang tunduk dan patuh mengikuti secara lahir dan batin terhadap ajaran-ajaran (hukum-hukum) agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad selaku utusan Allah SWT, sebagai bukti keimanan yang menjadi keyakinan dalam hatinya yang mana sudah menjadi suatu dambaan tersendiri bagi Muslim ideal atau Muslim sempurna. (nat/dbs)


Back to Top