Kolaborasi Busana Kimono dan Hijab Ramaikan Pameran Japan Fashion Event 2017

gomuslim.co.id- Sebuah event fashion tahunan Japan Fashion Event yang diselenggarakan oleh Japan External Trade Organization (JETRO) berlangsung pada 14 sampai 15 Januari 2017 di Grand Atrium Kota Kasablanka Mall menampilkan beragam brand busana Jepang yaang akan menjadi tren di 2017. Salah satu yang menarik dengan adanya fashion hijab yang dikolaborasikan dengan pakaian khas Jepang.

Pada pameran fashion Japan kali ini Fukusa: Chiharu Collection, salah satu brand fashion asal Jepang yang terlibat dalam Japan Fashion Event 2017 mengusung busana muslim yang diadopsi dari pakaian adat Negeri Matahari Terbit, yakni kimono. Bentuk kimono yang berpotongan longgar dan menutup sebagian besar anggota tubuh dianggap mirip dengan fashion muslim. 

Tren hijab yang meramaikan pasar busana muslim di Indonesia ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagai para desainer, tanpa terkecuali desainer Jepang. Mereka pun seakan tak ingin ketinggalan meraup keuntungan dari bisnis fashion busana muslim. Selain itu bahan yang digunakan di adalah bahan kimono yang dibuat langsung dari Jepang.

Presiden Direktur Japan Muslim Association, Shinichi Orita, mengatakan, busana hijab di Jepang sendiri sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu dengan merilis busana hijab kimono, Orita berharap nantinya akan terjadi pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang.

"Sejarahnya sendiri pakaian muslim di Jepang itu masih sangat sedikit, jadi kami ingin memperkenalkan. Tujuannya agar ada pertukaran budaya di kedua negara agar tidak berpandangan negatif terhadap masing-masing budaya," ungkap Orita.

Dia juga menilai Indonesia merupakan salah satu pasar potensial untuk memperkenalkan busana hijab kimono. "Untuk harga sendiri, dibanderol beragam dari dua juta sampai dengan puluhan juta rupiah, tergantung kualitas bahan kimono yang digunakan," ujarnya.

Fukusa: Chiharu Collection merupakan brand yang menghadirkan keindahan transisi 4 musim pada bahan kimono tradisional Jepang. Dengan desain corak yang simpel, produk dari brand ini bisa dengan mudah dipadu padankan dengan pakaian modern. Dengan paduan bernuansa kimono di pakaian kasual hingga elegan. Brand ini menjanjikan Kimono Wear yang playfull dan menyenangkan dengan mengkolaborasikan berbagai material seperti gather dan frill. Item andalan brand ini adalah Kimono Long One Piece (Sakura), Kimono Long One Piece (Peony), Kimono Long One Piece (Kotengara/Classic), dan Kimono Long One Piece (Shibori).

Fukusa berharap kimono muslim original dan hijab kimono dengan menggunakan material khas tradisional Jepang ini bisa disukai oleh orang Indonesia, serta bisa mempererat hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia melalui kimono ini. Brand ini juga menghimbau kepada para wisatawan muslim yang akan berkunjung ke Olimpiade Jepang tahun 2020 mendatang agar menggunakan hijab kimono. (nat/dbs)

 


Back to Top