Masjid Al Iftah Sidodadi Raih Penghargaan Masjid Termakmur se-Kota Langsa, Aceh

gomuslim.co.id- Masjid Al Iftah Gampong Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama, menjadi peraih juara I masjid termakmur se-Kota Langsa. Perlombaan masjid ini diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam setempat.

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Ibrahim Latif, menjelaskan yang dikategorikan masjid termakmur adalah paling banyak jamaahnya, terbersih, terindah dan terbagus manajemennya se Kota Langsa, Minggu (15/1) seperti dilansir dari publikasi goaceh.

"Dari hasil kriteria tersebut, maka Masjid Al Iftah meraih juara I dan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 6 juta, tropi serta piagam dari Pemko Langsa," tutur Ibrahim. Kemudian, lanjutnya, untuk juara II diraih oleh Masjid Rahmah Paya Bujuk Tunong, Kecamatan Langsa Baro dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta serta tropi dan piagam.

Sedangkan untuk juara III diraih oleh Masjid Baburrahmah Gampong Karang Anyar, Kecamatan Langsa Baro dengan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta, tropi dan penghargaan.

Tidak hanya menggelar perlombaan masjid termakmur, sambung Ibrahim, pihaknya juga menggelar perlombaan cerdas cermat tentang pengetahuan syariat Islam tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA se Kota Langsa.

Dalam perlombaan tersebut, juara I tingkat SD/MI diraih oleh SD Negeri 1 dengan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, tropi dan piagam. Juara II diraih oleh MIN Paya Bujuk mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, tropi dan piagam dan untuk juara III diraih oleh MIN Gedubang Aceh mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000, tropi dan piagam.

Kemudian untuk tingkat SMP/ MTs juara I diraih oleh MTS MUQ Bustanul Ulum dengan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, tropi dan piagam. Juara II diraih oleh MTS Gedubang Aceh mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, tropi dan piagam dan untuk juara III diraih oleh SMP Negeri 11 mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000, tropi dan piagam.

Selanjutnya tingkat SMA/MA, juara I diraih oleh Madrasah Aliyah Bustanul Ulum dengan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, tropi dan piagam. Juara II diraih oleh SMA Negeri 3 mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, tropi dan piagam dan untuk juara III diraih oleh MAN 2, mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000, tropi dan piagam.

"Semua hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan untuk masjid termakmur dan lomba cerdas cermat diserahkan langsung oleh Plt Wali Kota Langsa, Kamaruddin Andalah," ujar Ibrahim.

Plt Wali Kota menyampaikan masjid yang mendapatkan juara diharapkan terus berpacu menghidupkan, memakmurkan masjid, selain dengan salat berjamaah lima waktu juga memfungsikan masjid semaksimal mungkin dengan kegiatan agama seperti pengajian, pendidikan, dan sebuh ta'aruf.

"Selain itu, masjid juga harus bersih, indah, nyaman, tertata lingkungannya dengan rapi serta tertata manajemen dan berjalan safari shalat subuh," kata Ibrahim mengakhiri. (nat/dbs)


Back to Top