Meski Baru Enam Bulan Beroperasi, Madrasah Aliyah di Kalimantan Selatan Ini Punya Segudang Prestasi

gomuslim.co.id- Berprestasi tidak mesti hanya diukur dari lamanya sebuah instansi pendidikan berdiri. Saat ini, siswa madrasah dapat bersaing dengan sekolah umum lainnya dan dapat unjuk gigi. Seperti Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tanah Laut Kalimantan Selatan ini. Meski masih terhitung belia, siswa madrasahnya telah mengukir prestasi sejak enam bulan sekolahnya beroperasi dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar.

Sebagai contohnya, Tim Karya Ilmiyah Siswa MAN IC Tanah Laut belum lama ini berhasil menjadi Best Presenter pada ajang nasional Chemical Enginering Education Fair yang diselenggarakan Universitas Lampung Mangkurat Banjarmasin. Tim yang terdiri dari Siti Nur Syifa, Muhammad Yoga Wiratama dan Akhmad Rusyadi ini juga berhasil meraih Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiyah Tingkat Nasional di UPI Bandung beberapa waktu lalu.

Selain itu, siswa MAN IC Tanah Laut lainnya, Fathma Fauziyah, juga berhasil menjadi Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab pada Festival Kampung Arab se-Kalimantan Selatan yang di gelar oleh IAIN Antasari. Meski belum juara, Siswa MAN IC Tanah Laut juga menjadi Finalis International Event Debate, Finalis Festival dan Kompetisi Robotik (Kemenag), dan Cerdas Cermat Akuntansi Tingkat Nasional.

Di tingkat Kabupaten Tanah Laut, madrasah yang masih seumur jagung ini juga berhasil menggondol 10 kejuaraan dalam enam bulan terakhir, antara lain: Juara 1 Lomba Tartil Quran Putra Tingkat SLTA, Juara 1 Lomba Tilawah SLTA, Juara Faforit 1 Lomba Puteri Anggrek dalam Fashion Show, Juara 1 Pawai Muharram se Tanah Laut dan prestasi-prestasi lainnya di bidang keilmuan, seni dan keagamaan.

Kepala MAN IC Tanah Laut Hilal Najmi mengatakan salah satu hal yang ingin dicapai MAN IC Tanah Laut adalah para siswanya dapat berpartisipasi pada even-even penting kejuaraan. “Hal ini baik untuk mengasah ilmu pengetahuan dan teknologi, bakat minat dan peran sertanya di masyarakat,” kata dia.

Menurut Hilal, dukungan serta ekspektasi masyarakat dan orang tua sangat tinggi terhadap madrasah ini agar mempunyai keunggulan-keunggulan kompetetif. “Hal ini yang menjadi pendorong semangat kami sebagai dewan guru dalam mendampingi para siswa yang hebat,” tambahnya.

MAN IC Tanah Laut menerima 80 peserta didik dari seleksi nasional pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kementerian Agama pada tahun pertama beroperasi. Hilal Najmi berkomitmen terus meningkatkan budaya mutu karena itu menjadi kata kunci agar madrasah kreasi Kementerian Agama ini dapat berkontribusi bagi bangsa ini.

Sementara itu, Sekretaris Program Pendidikan Menengah Universal (PMU) MAN Insan Cendekia Kemenag, Ruchman Basori mengapresiasi prestasi anak-anak MAN IC Tanah laut. Menurutnya, melejitkan prestasi anak-anak madrasah tidak hanya dipaham pada capaian akademik dan tingginya angka raport dan ujian nasional, namun juga prestasi-prestasi non akademik lainnya. “Di samping, tentu saja kemampuan kerjasama, karakter dan kemampuan memecahkan masalah menjadi hal yang penting,” ungkapnya.

Sebagai informasi, MAN IC Tanah Laut merupakan satu dari 14 MAN IC baru yang didirikan dalam dua tahun terakhir oleh Kementerian Agama RI. Sebelumnya, telah eksis tiga MAN IC di Serpong, Gorontalo, dan Jambi.

Di hadapan siswa/i MAN IC Tanah Laut, Ruchman Basori menekankan pentingnya belajar menulis. Membiasakan menulis, menurutnya, harus dilatih sejak dini. “Menulislah, karena hal itu menunjukan bahwa kalian hidup,” tandas Ruchman. (njs/dbs)


Back to Top