Perkuat Branding ‘Halal Cultural Destination’, Aceh Gelar Pentas Tari Saman Massal Bersama 10.001 Penari

gomuslim.co.id- Setelah meraih juara dalam ajang Worl Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu di Abu Dhabi Uni Emirat Arab, Aceh semakin mendunia. Karena itu, Provinsi yang mempunyai julukan Serambi Mekkah ini terus berbenah demi menjamu para turis muslim dunia. Salahs atunya dengan meningkatkan kulaitas festival-festival budaya-yang mana, pada WHTA 2016 lalu, Aceh menang di kategori  World’s Best Halal Cultural Destination.

Sebanyak 10.001 orang sekaligus menjadi penari akan membawakan tari saman secara massal di Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh pada bulan Maret 2017 mendatang. Acara tari saman ini sebelumnya telah diselenggarakan dua kali di Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi dalam rilisnya mengatakan acara ini merupakan bagian dari upaya pelestarian dan promosi tari saman. Kata Reza, peserta acara 10.001 penari saman di Blang Kejeren berasal dari perwakilan masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gayo Lues.

“Di Gayo Lues hampir semua orang bisa saman baik tua maupun muda. Makanya, (tari saman) dapat pengakuan UNESCO karena merupakan seni yg sangat orisinil dan mengakar di kehidupan masyarakatnya,” tambahnya.

Adapun, acara 10.001 penari saman di Gayo Lues tepatnya akan diselenggarakan di Stadion Kota Blang Kejeren. Penyelenggaraan tari saman sebelumnya, lanjut Reza, diikuti oleh 5.000 orang.

“Lima ribu orang itu memang sudah terbanyak dan sekarang mereka bikin lagi yang 10 ribu,” tambahnya.

Tapi, untuk tanggal penyelenggaraan acara 10.001 penari saman di Gayo Lues, Reza belum bisa memastikan, karena masih menunggu masa Pemilihan Kepala Daerah.

“Mengenai tanggal saya konfimasi lagi ke panitianya. Buat saja pertengahan dulu,” jelas Reza.

Adapun, Kabupaten Gayo Lues berlokasi sekitar 472 kilometer dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh. Sementara, dari Bandara Kualanamu, Medan, Kabupaten Gayo Lues berjarak 344 kilometer.

Bagi anda traveler, 10 ribu orang menari Saman itu, bakal menjadi momen menarik liburan mendatang. Apalagi, tari Saman sudah diakui lembaga dunia.

Sebelumnya, Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Aceh per Juli 2016 mengalami peningkatan drastis tercatat 79.582 penumpang yang diangkut melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Angka tersebut menunjukkan peningkatan hingga 22,17 persen dari bulan Juni lalu.

Secara total, seluruh bandar udara di Aceh mengangkut sebanyak 94.576. Jumlah wisatawan luar negeri tersebut kebanyakannya berasal dari Malaysia, Cina dan Australia.

Apalagi, Aceh bersama wakil dari daerah lain ikut mewakili Indonesia di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pada ajang ini, Aceh menang dengan meraih dua predikat di dua kategori, yaitu Destinasi Wisata Budaya dan Bandara ramah Muslim. (fau/disbudparaceh/dbs)

 

 


Back to Top