Kini Minuman Liquor Halal Hadir di Amerika Serikat

gomuslim.co.id- Minuman keras atau minum beralkohol dilarang untuk dikonsumsi umat Muslim. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat memabukan sehingga akan hilang kesadaran.

Brand minuman keras tersebut di antaranya Wiski, Vodka, dan Gin. Nmun kini umat Muslim bisa menikmati beragam liquor yang sudah terkenal itu dengan jaminan Halal dan non-alkohol. Pada akhir tahun 2016, produsen minuman asal Amerika meluncurkan rangkaian minuman liquor non-alkohol bernama ArKay.

Minuman dengan brand Arkay Halal ini dikemas dalam botol satu liter dengan aneka rasa liquor yang sudah dikenal seperti wiski, gin, vodka, brandy, rum, tequila, margarita, mojitos, dan limoncello. Minuman produksi ArKay ini dijual di sejumlah supermarket halal di Amerika dan dikategorikan minuman ringan.

Menurut pihak ArKay, minuman ini sudah memenuhi standar halal dan persyaratan bahan baku yang ditetapkan Jawatan Obat dan Makanan Amerika (FDA) dan Masyarakat Ekonomi Eropa.

Tidak hanya ditujukan bagi kaum muslim, liquor halal produksi ArKay juga bisa dikonsumsi mereka yang tidak bisa mengkonsumsi minuman beralkohol karena alasan kesehatan.

Pihak ArKay menyatakan bahwa minuman yang  ciptakannya itu dibuat untuk dapat dinikmati semua orang. “Rasa dan penampilannya mirip liquor asli,” ujar ArKay dalam pernyataan saat peluncuran.

Lanjutnya, minuman ini bisa dinikmati dengan cara mencampur dengan minuman lain seperti soda, menambahkan es batu, atau diminum langsung. 

Minuman ArKay Halal ini bebas alkohol, bebas gula, tidak mengandung babi, bebas gluten, bebas kalori, dan bisa dikonsumsi para vegan yang tidak mengkonsumsi makanan dengan unsur hewan. Seiring peluncuran liquor non-alkohol ini, ArKay berencana membuka jaringan ArKay Social Café untuk melayani pengunjung yang ingin menikmatI minuman ini di gelas, seperti yang dilansir dari publikasi shop.arkaybeverages.

ArKay mengatakan mereka sangat mempertimbangkan pasar Muslim dan belakangan mulai serius menggarap minuman halal. Jumlah umat Muslim yang berjumlah 8 juta orang dengan pasar US$ 200 milyar merupakan lahan subur bagi brand besar.

Sedangkan di Amerika, pasar produk halal sendiri selama ini kerap bercampur dengan makanan kosher, yang biasanya dikonsumsi umat Yahudi. Melihat pasar yang menjanjikan ini, ArKay juga membidik konsumen kosher dengan menyediakan minuman non-alkohol kosher.

ArKay berharap, produk minuman non-akohol dengan rasa liquor ini akan mengisi kosongnya pasar minuman non-akohol halal untuk umat muslim dan konsumen kosher di Amerika dan di dunia. 

Sementara itu, ArKay Halal Beverages dibanderol dengan harga US$ 35 atau kira-kira setara dengan 400.000 Rupiah. ArKay sudah memasarkan produknya ke sejumlah restoran, bar, hotel, dan supermarket .

Berdasarkan survei pemasaran yang dilakukan ArKay, minuman liquor non-alkohol ini banyak dinikmati saat pesta pergantian tahun. Sekitar 99 persen konsumen memberi rating memuaskan atas produk ArKay tersebut. Melihat kesuksesan liquor non-alkohol ini, tahun ini ArKay juga berencana meluncurkan bir non-akohol. (nat/dbs)

 


Back to Top