Program ‘Senyum Mandiri’ Rumah Zakat Berdayakan Warga Subang dengan Tanam Daun Bawang

gomuslim.co.id- Rumah Zakat (RZ) melalui program pemberdayaan masyarakat ‘Senyum Mandiri’ menggulirkan program pengembangan daun bawang di Desa Cisaat, Kec. Ciater Kab. Subang, pekan lalu. Pengembangan daun bawang tersebut, dilakukan selain untuk memanfaatkan sisa lahan juga untuk memanfaatkan potensi di wilayah tersebut dan juga menambah penghasilan warga.
 
Salah seorang Relawan Inspirasi RZ Subang, Nana Hidayat mengatakan, bahwa penanaman daun bawang  dirasa relatif lebih mudah. Apalagi di Subang yang memiliki hawa dingin. “Jadi saya pikir tidak ada salahnya untuk mengembangkan program penanaman bawang di sini,” ujar Nana.

Di desa tersebut, ada 10 penerima manfaat yang mendapat bantuan berupa 10 polybag daun bawang. Sementara untuk pupuk, mereka memanfaatkan kotoran kambing dari peternakan warga yang juga merupakan kelompok ternak RZ.

Meski pada saat musim hujan, banyak tanaman yang rusak dan menyebabkan hasil panen berkurang. Namun warga Desa Cisaat terus mencoba untuk mengembangkan usaha tersebut. Seperti yang dikatakan oleh salah satu penerima manfaat, Sudirman yang sudah merasakan keuntungan dari penanaman bawangnya.

Alhamdulillah, untung yang saya dapat dari penanaman bawang ini bisa membantu saya untuk menambah pemasukan. Dari penjualan bawang daun saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500 ribu malah kadang bisa mencapai Rp 1,5 juta sekali panen,” pungkasnya.

Selain program penanaman daun bawang, RZ juga menyalurkan beasiswa, bantuan ekonomi serta mendirikan masjid. Kedepannya, pembinaan dari RZ ini terus diadakan karena sangat bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan warga. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Berkaitan dengan turunan MDGs PBB dalam Goal ke-1 SDGs (No Poverty) untuk mengurangi kemiskinan di segala manifestasinya 2030, dan juga Goal ke-11 (Sustainable Cities and Communities) untuk menjadikan kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh secara berkelanjutan, RZ merealisasikannya dalam program Senyum Mandiri.

Senyum Mandiri merupakan program pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro bagi masyarakat kurang mampu untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Berikut program-program Senyum Mandiri.

Pertama, pemberdayaan ukm, program pemberdayaan ekonomi berbasis usaha kecil dan mikro binaan RZ, dalam bentuk pengadaan modal dan/atau infrastruktur serta sarana penunjang aktivitas usaha yang telah dimilikinya yang berdasar atas assessment kenbutuhan calon penerima manfaat.

Kedua, program sasaran penerima manfaat. Warga kurang mampu yang memiliki usaha/bisnis kecil dan mikro yang memerlukan bantuan finansial, mentoring maupun pendampingan. Ketiga, program pertanian produktif yakni program pemberdayaan untuk mendorong petani muda melalui bantuan sarana produksi, alat mesin pertanian, bibit unggul dan pendampingan. Sasaran penerima manfaat adalah petani muda kurang mampu yang memerlukan dukungan operasional pertanian juga pendampingan.

Keempat, program ternak produktif, program ini membantu petani memiliki penghasilan tambahan dari beternak, melalui bantuan bibit unggul dan sarana produksi. Sedangkan sasaran penerima manfaatnya adalah petani kurang mampu yang membutuhkan tambahan pemasukan yang akan didukung melalui modal beternak berupa bibit unggul dan sarana produksi. (nat/rumahzakat/dbs)


Back to Top