Gandeng Mitra Strategis, Ini Penawaran Promo Paket Umrah Bank Syariah Mandiri

gomuslim.co.id- Sejumlah langkah dan kebijakan terus dilakukan bank syariah demi menggaet nasabah. Seperti yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri (BSM). Baru-baru ini, anak perusahaan dari PT. Bank Mandiri itu menawarkan program paket umrah promo kepada masyarakat. Hal ini dilakukan seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat dalam ibadah umrah.

Demikian disampaikan Group Head Consumer Finance & Hajj Bank Syariah Mandiri (BSM), Jeffry Prayana beberapa waktu lalu. Ia menyebutkan bahwa program tersebut diselenggarakan dengan menggandeng mitra strategis antara lain travel-travel terpercaya. “Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BSM agar masyarakat Indonesia terhindar dari penipuan umrah yang kerap terjadi,” ujarnya.

Jeffry menuturkan dalam program ini disepakati jika biaya umrah promo sebesar Rp17,5 juta/jamaah. “Alhamdullilah, sejak program paket umrah promo ini diluncurkan November 2016 lalu, antusiasme masyarakat sangat baik. Sampai saat ini BSM telah memberangkatkan jamaah umrah sebanyak 2.593 jamaah,” kata Jeffry di Jakarta belum lama ini.

Untuk diketahui, BSM merupakan bank syariah terbesar dengan pangsa pasar tabungan haji dan umrah sebesar nominal Rp3.681 triliun dan number of account (NOA) tabungan haji dan umrah sejumlah 1.542.096 di posisi 31 Desember 2016. Dari sisi bisnis, program umrah ini menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan fee based income BSM. Dimana dalam satu tahun jumlah jamaah umrah Indonesia dapat mencapai satu juta jamaah.

Selain fee based income, program ini juga dapat meningkatkan low cost fund (dana murah) dimana komposisi dana murah BSM per November sebesar 48,32%. Adapun total DPK per posisi yang sama adalah sebesar Rp32,905 triliun.

Tahun ini BSM tengah mengkampanyekan Program BSM Mengalirkan Berkah dimana BSM mengajak seluruh stakeholders termasuk nasabah untuk menciptakan nilai tambah dalam bisnis sehingga dengan nilai tambah tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami berharap program paket promo umrah ini menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin berumrah dengan anggaran terbatas. Dan untuk meningkatkan layanan, kami membuka diri untuk bekerja sama dengan institusi atau lembaga terkait seperti maskapai penerbangan, perhotelan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, Bank Syariah Mandiri (BSM) Manado menargetkan pertumbuhan kinerja pada 2017 sebesar 10 persen. Target tersebut diharapkan bisa tercapau meskipun kondisi perekonomian global dan nasional masih belum sesuai harapan.

Menurut Manajer BSM Manado, Ahmad Widodo, target pertumbuh tersebut termasuk didalamnya Dana Pihak Ketiga (DPK), kredit maupun aset harus meningkat. "Kami akan bekerja keras untuk mencapai target tersebut," ungkapnya.

Target tersebut menurutnya realistis karena potensi pasar di Sulut sangat besar.Pihaknya akan menyasar semua sektor yang ada di Sulut. "Target tersebut ditentukan oleh kantor pusat karena melihat kondisi ekonomi di Manado yang lebih baik dibandingkan dengan nasional, yaitu 6,3 persen," jelasnya.

Dijelaskannya, sebagai upaya mencapai target itu, ia mengutamakan kekompakan antar karyawan dan memperkuat marketing. Selain fokus ke sektor produktif juga BSM akan menyasar kredit konsumer yang potensinya sangat besar di Sulut. Ekspansi mesin anjungan tunai mandiri akan dilakukan di tiga titik di Sulut. "Untuk NPL masih dibawah ketentuan yang diatur Bank Indonesia, sehingga saat ini masih bisa melakukan ekspansi," ujarnya. (njs/dbs)


Back to Top