Gandeng Art Museum Louvre Prancis, Jakarta Islamic Center Segera Bangun Museum Islam

gomuslim.co.id- Islam hadir tidak hanya membawa sebuah ajaran, tapi juga mewariskan budaya dan peradaban. Sejarah mencatat terdapat banyak jejak peninggalan Islam yang hadir di berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali dataran nusatara Indonesia. Peninggalan-peninggalan Islam sejak pertama kali kedatangannya, seperti kaligrafi, arsitektur bangunan dan berbagai kesenian yang dihasilkan oleh muslim terdahulu biasanya disimpan di Museum.

Adanya museum menjadi bukti kejayaan Islam dimasa lampau. Baru-baru ini, Jakarta Islamic Center (JIC) bekerjasama dengan Islamic Art Museum Louvre Prancis untuk mendirikan Museum Islam Jakarta. Museum tersebut akan menjadi simbol peradaban Islam di wilayah DKI Jakarta.

Rencananya, Museum Islam Jakarta dibangun di Kompleks Jakarta Islamic Center (JIC), Jl Kramat Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Pembangunan museum diharapkan terealisasi tahun ini.

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam JIC, KH Shodri mengatakan bahwa peninggalan-peninggalan Islam di Jakarta harus dilestarikan dan diabadikan. Menurutnya, pembangunan museum Islam ini menggambarkan bagaimana sejarah Islam di DKI Jakarta di masa lampau.

“Nantinya, museum akan diisi dengan publikasi dari berbagai sumbangsih ulama. Baik itu berupa manuskrip atau peninggalan-peninggalan Islam yang bersejarah lainnya. Ini akan memberikan informasi lebih lengkap tentang bagaimana dakwah Islam terdahulu melalui budaya,” ujarnya, Senin (23/1).

Lebih lanjut, dia menambahkan Islamic Art Museum Louvre Perancis sudah memiliki pengalaman dalam tata kelola museum yang baik. Sehingga, museum ini diharapkan mampu menyajikan sejarah peradaban Islam tidak hanya di Jakarta, tapi juga Indonesia.

“Museum ini akan menjadi jendela pengetahuan sekaligus penegasan tentang corak Islam di Ibukota. Jadi tata kelolanya harus bagus, karena bisa jadi kedepan menjadi contoh untuk wilayah lain yang ada di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Heri Suhartono mengatakan, kerja sama ini akan bagus karena melibatkan pengelola yang berpengalaman.

“Islamic Art Museum Louvre Perancis bisa memberikan informasi terkait tata kelola pengadaan Museum Islam Jakarta," tandasnya.

Untuk diketahui, museum sendiri menjadi salah satu rujukan dalam mempelajari sejarah perkembangan peradaban Islam melalui berbagai koleksi yang dimilikinya. Sehingga museum memiliki arti penting untuk tetap menjaga warisan peradaban Islam.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai museum Islam yang terkenal di dunia yaitu Bayt Alquran dan Museum Istiqlal. Museum Islam di Indonesia ini terletak di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 ini menyimpan banyak koleksi karya intelektual muslim nusantara dan para ulama.

Sesuai dengan namanya, Bayt Al Quran memiliki aneka koleksi mushaf Al Quran seperti Mushaf Istiqlal, Mushaf Sunda dan Malaysia, serta Mushaf Wonosobo yang berukuran sangat besar. Sementara Museum Istiqlal menyimpan benda seni dan aneka artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara. (njs/dbs)


Back to Top