Kampanye Menabung Sejak Dini, BRI Syariah Luncurkan Tabungan SimPel untuk Pelajar

gomuslim.co.id- Pendidikan menabung sejak dini harus dibiasakan orang tua melalui penerapan praktik agar anak mudah terbiasa dengan konsep menabung. Bagi orangtua yang ingin mendidik atau mengedukasi anak mereka untuk mengenal tabungan, kini hadir simpanan pelajar (SimPel) di PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin, di Jalan A Yani Km 3 No 1 Kebun Bunga Banjarmasin.

Manajer Pembiayaan BRI Syariah Banjarmasin, Muhammad Hasby mengatakan sudah saatnya kita menggalakkan edukasi program menabung bagi para pelajar SD, SMP dan SMA di Banjarmasin.

“Nama program tabungan untuk para pelajar tersebut yakni simpanan pelajar (SimPel). Para pelajar bisa menabung minimal Rp 5 ribu. Setiap minggu petugas BRI Syariah nanti akan mendatangi sekolah untuk mengambil tabungan, jadi petugas BRI Syariah menggunakan mobil kas keliling mendatangi sekolah-sekolah," ungkap Hasby di Banjarmasin pada, Senin (23/01).

Tujuan dari program tabungan ini, yakni mendidik para pelajar agar mau menyisihkan dananya menabung untuk di kemudian hari. “Jadi para pelajar kita edukasi sejak dini untuk menabung dan lebih dekat perbankan,” imbuhnya.

Lanjut Hasby, sejumlah sekolah yang sudah bekerjasama yakni SMA sebanyak 2 buah, SMP sebanyak 1 buah dan jenjang SD sebanyak 1 buah. Para pelajar diedukasi lebih dekat dengan perbankan, yakni dengan menabung di bank atas nama pelajar sendiri.

"Pelajar pun boleh menarik tabungan saat mobil kas keliling datang ke sekolah ataupun di kantor BRI Syariah terdekat," lanjutnya.

SimPel iB kependekan dari Simpanan Pelajar iB adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia  dengan persyaratan mudah  dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

SimPel merupakan langkah tepat dari pemerintah untuk mendorong siswa belajar menabung sehingga memiliki tujuan keuangan yang jelas di masa depannya. Jika ini berjalan dengan lancar cita-cita untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dimasa mendatang akan tercapai. Berdasarkan catatan jumlah kelompok siswa dalam masyarakat Indonesia saat ini adalah sekitar 49,8 juta orang atau 20% dari total penduduk Indonesia. Sungguh, ini merupakan bonus demografi bagi bangsa ini untuk bisa mempercepat pembangunan nasional.

Pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019, program SimPel ini memang di tujukan agar dapat menjadi sarana penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) mengingat SimPel ini memiliki karakteristik yang spesifik seperti nama siswa yang tercatat sebagai pemilik rekening dan tercantum pada buku tabungan.

Karenanya, bagi orang tua untuk andil dalam mendukung program pemerintah guna menciptakan generasi yang cinta menabung, dengan ikut berperan serta aktif mengajak anak-anak menabung sejak dini. (nat//brisyariah/dbs)

 

 


Back to Top