Serambi Mekkah Jadi Tuan Rumah Ajang Sail Sabang 2017

gomuslim.co.id- Tahun 2017 ini menjadi waktu pembuktian Aceh sebagai salah satu Provinsi di Indonesia yang menang dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu. Hal ini terlihat dari usaha pemerintah dan banyak pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pariwisata halal di daerah yang mempunyai julukan Serambi Mekkah ini. Selain dengan meningkatkan kualitas fasilitas untuk mendukung kunjungan para turis, Aceh juga gencar dengan penyelenggaraan banyak event budaya.

Bak gayung bersambut, tahun 2017 ini Aceh resmi menjadi tuan rumah event Sail Sabang 2017. Kementerian Pariwisata menunjuk Kota Sabang, Aceh menjadi tuan rumah perhelatan Sail Indonesia tahun 2017 dan pelaksanaan Sail Sabang 2017.

Alasan dipilihnya Sabang karena Sabang merupakan salah satu ikon wisata bahari nasional yang berpotensi menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara ke Indonesia dari ujung barat utara Indonesia. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi dalam rilisnya mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakkan tugas dengan tanggal pelaksanaan sudah diputuskan yakni tanggal 1 hingga 7 Desember 2017 mendatang.

“Segala sesuatunya juga sudah kami kondisikan untuk mensukseskan acara ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan internal kami,” kata Reza.

Selain itu, Reza juga mengungkapkan bahwa Sabang telah ditata sedemikian rupa dan memperbaiki fasilitas umum untuk persiapan acara tersebut. Tambah Reza, kalau domainnya pariwisata, maka targetnya adalah kunjungan wisman karena ini diperkirakan ribuan wisatawan asing dan domestik akan hadir pada Sail Indonesia di Sabang dan Aceh harus benar-benar siap menyambut lonjakan kunjungan wisatawan tersebut.

Sebelumnya, Sail Indonesia diadakan di Morotai, Maluku Utara pada tahun 2012. Dilanjuti di Komodo, Nusa Tenggara Timut tahun 2013. Kemudian Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014. Terakhir, Sail Tomini, Sulawesi Tengah pada Oktober 2015.

Sejumlah perwakilan dari beberapa kementerian menyepakati pelaksanaan Sail Sabang 2017 beberapa waktu lalu. Kesepakatan ini terjadi saat rapat persiapan pertemuan ketiga di Aula Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Sabang.

Penentuan Sabang sebagai lokasi Sail dilakukan pada saat rapat yang dipimpin oleh Menkomar Luhut Panjaitan yang juga menjadi Ketua Umum Sail Sabang 2017. Ketua Pelaksana perhelatan tersebut dijabat oleh Menpar Arief Yahya.

Pelaksanaan Sail Sabang juga didukung oleh berbagai elemen, di antaranya Kementerian Pariwisata yang mengundang INNA Group untuk mengelola sejumlah objek wisata di kota Sabang. INNA Group nantinya juga akan melakukan promosi wisata dengan video berdurasi 30 detik di TV internasional serta mengalokasikan anggaran untuk promosi.

“Untuk menyukseskan kegiatan ini, saya juga telah berkoordinasi dengan dengan Gubernur Aceh dan semua stakeholder di Aceh,” ujar Reza.

Dia  juga menginformasikan bahwa Dinas yang dipimpinnya selaku leading sector Pemerintah Aceh untuk Sail Sabang pada tahun 2017 telah menyelenggarakan rapat koordinasi Sail Sabang. Dalam pertemuan tersebut, Reza menarik semua elemen yang berkepentingan sepert Bappeda Aceh, Bappeda Sabang, BPKS, Badan Investasi dan Promosi Aceh, Disbudar Sabang, Dinas Perhubungan Aceh, Bina Marga, Cipta Karya dan beberapa instansi terkait lainnya.

Rencananya, lokasi Sail Sabang akan dilaksanakan di Teluk Sabang untuk acara Puncak Sail Sabang 2017, Arena Sabang FAIR yang akan disiapkan sebagai penyelenggaran Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo, Gapag Resort, dan Lokasi Kilometer Nol Indonesia.

Tidak hanya itu, pelaksanaan Sail sabang 2017 juga akan dimeriahkan oleh sejumlah atraksi, di antaranya Yacht Rally, Seminar dan Pameran Iptek memperingati 20 tahun Jambore Iptek Sabang, Kapal Pemuda Nusantara, Pekan Kebudayaan Aceh, Parade dan Karnaval Sail Sabang, Work Parachute Championship, International Aerobatic Show yang akan mendatangkan Cruice Ship International, dan International Diving Competition. (fau/disbudparaceh/dbs)


Back to Top