Perkuat Industri Keuangan Syariah, Perguruan Tinggi Islam dan Bank Syariah Harus Bersinergi

gomuslim.co.id- Industri keuangan syariah di Indonesia akan semakin kuat jika antar lembaga saling mendukung. Sinergi antara Perbankan Syariah dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) perlu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen di kampus. Apalagi selama ini bank syariah dan PTKI telah menjadi pihak-pihak yang saling memberi kontribusi besar bagi keuangan syariah.

Demikian disampaikan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Shofiyullah Muzammil. Pernyataan tersebut dilontarkan seiring dengan akan diselenggarakannya "Indonesia Islamic University Conference (IIUC)" pada 25-26 Januari 2017 mendatang. “Hal itu penting untuk mewujudkan perguruan tinggi Islam kelas dunia,” katanya di Yogyakarta, Selasa (24/01).

Lebih lanjut, ia mengatakan konferensi yang akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri para pimpinan perguruan tinggi Islam itu diharapkan dapat menyelaraskan langkah dalam bersinergi dengan bank syariah sebagai subsistem perkembangan ekonomi Islam.

“Perguruan tinggi Islam di Indonesia yang saat ini jumlahnya telah mencapai 56 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 265.172 orang, itu juga merupakan kawah candradimuka untuk menghasilkan pemimpin masa depan," ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menggandeng Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk menghelat IIUC atau konferensi perguruan tinggi Islam Indonesia. “Konferensi bertema Menjadikan Indonesia sebagai Pusat Pengembangan Ekonomi Syariah Dunia itu diharapkan dapat melahirkan kesepahaman dan kesepakatan terkait dengan pengembangan ekonomi Islam ke depan," kata Shofiyullah.

Dalam kesempatan sama, Group Head Institutional Banking Group BSM Ahmad Fauzi mengatakan konferensi tersebut bertujuan menyelaraskan misi bank syariah selaku institusi keuangan syariah dan perguruan tinggi Islam selaku institusi pendidikan Islam. Menurutnya, pada dasarnya, bank syariah dan perguruan tinggi Islam memiliki misi yang sama yakni meningkatkan kesejahteraan umat. Bank dari sisi ekonomi dan perguruan tinggi dari sisi pendidikan.

“Dengan demikian akan banyak hal yang dapat disinergikan antara bank syariah dan perguruan tinggi Islam. Akan banyak hal yang bisa disinergikan antara lain peningkatan kualitas pembelajaran, pengelolaan keuangan dan penelitian. Selain itu, program tersebut juga sejalan dan mendukung program pemerintah yang telah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah,” terang Fauzi.

Diketahui, Yogyakarta akan menjadi tuan rumah Konferensi Perguruan Tinggi Islam Indonesia atau Indonesia Islamic University Conference (IIUC) yang digelar di Convention Hall Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis (26/01) besok.

Ketua Panitia Dr Shofiyullah Muzammil MAg mengatakan, peserta konferensi adalah rektor dan wakil rektor di lingkungan Universitas Islam Negeri seperti UIN, IAIN, STAIN dan Universitas Islam Swasta seluruh Indonesia dengan jumlah peserta mencapai 200 orang. Konferensi akan dibagi dua stream yakni akademik dan finansial. (njs/dbs) 


Back to Top