Berlokasi Strategis, Ini Hotel Syariah di Tengah Kota Pekanbaru

gomuslim.co.id- Hotel syariah kian menjamur di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan wisatawan Muslim terkait penginapan yang berkonsep syariah. Apalagi tahun lalu Indonesia meraih predikat jawara penghargaan wisata halal dunia. Bertambahnya hotel berkonsep halal menjadi nilai tambah tersendiri.

Baru-baru ini, ada sebuah hotel berkonsep halal yang berlokasi strategis di Kota Pekanbaru. Hotel ini bisa jadi pilihan akomodasi terutama bagi turis Muslim yang sedang menjelajah pesona Riau. Hotel tersebut bernama Pesonna Hotel Pekanbaru.

Direktur Sales dan Marketing Pesona Hotel Pekanbaru, Eva Fazasoraya, mengatakan bahwa pesonna hotel merupakan anak perusahaan PT Pegadaian yang bergerak di bidang perhotelan.

“Pesonna sendiri ada singkatan katanya, yaitu Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-nilai Aset,” jelas Eva, Rabu (18/1).

Eva menjelaskan, Pesonna Hotel Pekanbaru menawarkan 134 kamar hotel dengan 130 kamar bertipe deluxe dan empat kamar bertipe suite. Tiap kamar memiliki fasilitas berupa AC, televisi layar datar, teko elektronik, kulkas, brankas kecil, amenities kamar mandi, air panas 24 jam, dan peralatan ibadah untuk umat Muslim yang lengkap terdiri dari sajadah, mukena, dan Alquran.

Di hotel ini juga ada keran air yang dikhususkan untuk wudhu. Bentuk dan jaraknya disesuaikan sehingga memudahkan untuk wudhu sebelum menunaikan ibadah shalat. Di lantai teratas yakni lantai 12 juga terdapat musholla yang cukup luas untuk perempuan dan laki-laki. Hotel ini juga dilengkapi dengan ballroom yang memuat 300 orang dan tiga ruang rapat berkapasitas 30 orang. Sarapan dan kolam renang juga dapat dinikmati oleh tamu Pesonna Hotel Pekanbaru.

Selain itu, salah satu hidangan yang patut dicoba adalah masakan ala carte yang mengangkat hidangan Riau dan Sumatera Barat. Dendeng Pesonna adalah salah satunya, daging sapi yang diiris tipis lalu dicampur rempah dan bumbu, kemudian digoreng garing. Hidangan ini bahkan dijadikan oleh-oleh dengan harga Rp 600.000 per kilogram. Ada pula hidangan gulai ikan, soto pekanbaru, dan sop buntut yang menjadi hidangan rekomendasi di Pesonna Hotel Pekanbaru.

Lebih lanjut, Eva memaparkan hotel ini adalah sebagai perwujudan konsep halal yang diusung oleh Pesonna Hotel Pekanbaru. Selain itu, di Pesonna Hotel Pekanbaru kita tidak akan menemukan alkohol sama sekali, karena pihak hotel tidak menyediakannya untuk tamu.

"Kita memang konsepnya halal, tidak menjual alkohol. Bahan-bahan makanan kita juga semuanya halal. Kemudian para pekerja kita terutama yang wanita, semuanya mengenakan hijab. Tapi kita bukan hotel yang benar-benar syariah, hanya konsepnya saja. Tidak menjual hal-hal yang haram," terang Eva.

Selain alat-alat salat, di dalam kamar juga tersedia brankas, coffee dan tea set, TV kabel, akses WiFi, AC, dan juga lemari pendingin. Untuk restorannya sendiri, traveler bisa menikmati aneka hidangan lezat di Pesonna Cafe yang terletak di lantai 1 hotel.

Letak hotel ini juga sangat strategis, hanya sekitar 15 menit dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Lokasi tepatnya ada di Jalan Jenderal Sudirman No 455, Kota Pekanbaru. Meski terhitung cukup baru, tetapi tingkat okupansi di Pesonna Hotel Pekanbaru sudah cukup baik, rata-rata di atas 50 persen. Konsumennya rata-rata adalah dari sektor pemerintahan, serta perusahaan.

"Komposisinya 55% government, 30% corporate, sisanya dari Online Travel Agent (OTA). Trennya bulan Januari, Februari, Maret sepi, April-Mei naik, bulan puasa turun lagi. Tapi tahun 2016 kemarin kita closing di 50%," ungkap Eva.

Signature dish di Pesonna Cafe yang wajib traveler coba adalah Dendeng Pesonna. Irisan daging sapi berbumbu yang digoreng kering dan diberi sambal lado merah pedas di atasnya sungguh menggoda. Ada juga gulai kepala kakap merah, dan aneka hidangan lain yang tak kalah lezatnya. "Yang paling disukai di sini Dendeng Pesonna. Banyak yang pesan. Ada yang minta dibungkus dibawa pulang juga," ujar Chef Edison. (njs/dbs)


Back to Top