Berdayakan UMKM, Presiden Ingin Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Wakaf Segera Dibentuk

gomuslim.co.id- Setelah mendapat usulan dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) tentang pembentukan Bank Wakaf Ventura, Presiden Joko Widodo menyampaikan keinginan pemerintah untuk pengembangan keuangan syariah. Rencananya, pengembangan tersebut akan direalisasikan dalam bentuk Lembaga Keuangan Syariah (LKS) berdasarkan sistem wakaf.

Menurut Jokowi, nantinya, dana wakaf yang dihimpun tersebut akan digunakan untuk memberdayakan masyarakat di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jokowi juga optimistis dengan adanya lembaga ini dapat berpengaruh signifikan bagi upaya menggerakkan ekonomi nasional secara menyeluruh.

Hadir dalam kesempatan tersbut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua OJK Muliamab Hadad, Menko Perekonomian Darmin Nasution, hingga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Terobosan sistem wakaf ini sangat penting bagi pemerintah untuk menghadapi problematika keumatan dan kebangsaan, terutama mengatasi kemiskinan, mengurangi pengangguran, mempersempit ketimpangan antarwarga, dan pemerataan ekonomi,” ujarnya saat memimpin rapat terbatas Kabinet Kerja tentang rencana pendirian Bank Wakaf di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1) kemarin.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan akan meminta pertimbangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan jajaran menteri terkait pengelolaan LKS berdasarkan sistem wakaf. “Potensi wakaf di Indonesia sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun bergerak, termasuk sistem wakaf dalam bentuk uang,” katanya.

Selama ini sistem wakaf dihimpun melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU), yang ditunjuk menteri agama. Namun hasilnya belum maksimal, sehingga perlu dikaji lebih jauh lagi, apakah dalam hal ini wakaf uang kalah populer dibandingkan wakaf dalam bentuk tanah.

“Saya pikir hal ini karena belum adanya Lembaga Keuangan Syariah yang secara khusus mengurus wakaf dalam bentuk uang ini. Maka terkait hal itu, saya meminta pandangan dari OJK, BI dan menteri-menteri mengenai gagasan pengembangan Lembaga Keuangan Syariah berdasarkan sistem wakaf itu seperti apa,” tambahnya.

Di sisi lain, lanjut Jokowi, keberadaan LKS berbasis wakaf merupakan terobosan untuk mengurangi ketimpangan sosial, kesenjangan ekonomi, dan mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Tanah Air.

“Saya telah berkali-kali menekankan pentingnya redistribusi aset, perluasan aset permodalan, penguatan keterampilan serta perubahan kebudayaan dalam mengatasi kemiskinan, dan kesenjangan sosial,” katanya.

Dia juga menegaskan bahwa perubahan sistem keuangan syariah berbasis wakaf tersebut dapat memberikan dampak yang lebih besar. "Tujuan lembaga keuangan syariah menggunakan sistem keuangan wakaf ini adalah memperdayakan ummat, sekaligus kita harapkan memberikan pengaruh signifikan terhadap upaya menggerakkan ekonomi nasional khususnya di sektor usaha kecil, mikro, usaha menengah," tambahnya.

Pemerintah, kata dia, terus berupaya mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka mengurangi ketimpangan sosial di tengah masyarakat dengan melibatkan OJK dan BI. Terutama untuk membuka akses permodalan bagi usaha mikro, kecil, menegah, yang selama ini belum tersentuh secara luas dalam kredit perbankan. (njs/dbs)

 


Back to Top