Ajak Masyarakat Cintai Alquran, Alumni PTIQ dan Nusantara Mengaji Gelar Safari Dakwah di Lampung

gomuslim.co.id- Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang kemuliaannya terus mengalir di sepanjang zaman. Sejumlah kalangan tak pernah berhenti berdakwah mensyiarkan Islam dengan Alquran ke seluruh pelosok Nusantara. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan kepada masyarakat untuk gemar mengaji.

Baru-baru ini,  Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (IKAPTIQ) Jakarta bekerjasama dengan Nusantara Mengaji menggelar Safari Dakwah di Provinsi Lampung. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25 sampai 26 Januari 2017 ini sebagai langkah untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat cinta dan gemar membaca Alquran.

Ketua Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid mengatakan kegiatan membumikan Alquran tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang sudah sukses di sejumlah daerah sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari napak tilas ulama-ulama penghafal Alquran. “Melalui kegiatan safari dakwah ini kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan Alquran,” ujar Jazilul.

Jazilul menambahkan pemilihan di Provinsi Lampung sebagai lokasi kegiatan Safda tidak lepas dari sejarah tempatnya yang memberikan kontibusi besar dalam menjaga syiar. “Apalagi wilayah ini menjadi salah satu daerah yang mempunyai tradisi kuat dalam melahirkan para penghafal Alquran dan memiliki banyak pesantren takhashus (pesantren khusus menghafal Alquran). Kita juga ingin menelusuri sanad (silsilah) ulama-ulama nusantara penghafal Alquran,” papar Jazilul.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa kegiatan Safda  sekaligus menegaskan sejarah, bahwa sejak dulu pun para ulama selalu menjadikan mengaji sebagai media membangun peradaban bangsa. “Kegiatan safda ini juga bagian dari upaya memperkuat jejaring alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) yang berada di Lampung dan sekitarnya,” kata Jazilul.

Keberadaan mereka, kata dia, di wilayah masing-masing berkontribusi besar memajukan syiar Islam, terutama menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap Alquran. “Mereka adalah agen perubahan di tempat masing-masing, terutama menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap Alquran,” ungkap Jazilul saat melepas rombongan Safda Nusantara Mengaji di Asrama PTIQ Jakarta, Rabu (25/01).

Jazilul yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (IKAPTIQ) Jakarta ini mengatakan selain mengadakan khataman Alquran, perjalanan Safda Nusantara Mangaji yang menelusuri daerah Kalianda, Pringsewu, dan Metro juga akan dihadiri oleh Menristekdikti, M. Nasir.

“Kita akan keliling ke beberapa daerah di Lampung, dan akan hadir juga beberapa tokoh nasional yang turut mendukung kegiatan ini. Kita semua berhadap dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun hingga selesai,” ucapnya.

Jazilul menambahkan ke depannya, kegiatan Safda IKAPTIQ Nusantara Mengaji akan digelar di sejumlah wilayah. Dia menyebutkan bahwa Jawa Barat akan menjadi tujuan berikutnya dengan melintasi rute Depok hingga Ciamis. “Kegiatan ini adalah salah satu cara untuk bersama-sama mengajak masyarakat untuk semakin dekat dengan Allah SWT. Kita ingin umat semakin bersatu dan kokoh dengan mengamalkan khataman Alquran ini,” paparnya. (njs/dbs)


Back to Top