Komunitas Muslim Florida AS Buka Klinik Kesehatan Gratis

gomuslim.co.id- Pelayanan kesehatan menjadi hal utama di setiap wilayah negara bagian di dunia. Untuk itu, semua warga dari latar belakang manapun berhak mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak. 

Baru-baru ini, sekelompok dokter dan pemimpin Komunitas Muslim di Florida Tengah, Amerika Serikat, membuka klinik kesehatan yang akan melayani masyarakat miskin yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Klinik kesehatan itu terbuka bagi orang-orang dari semua latar belakang dan pelayanannya gratis.

Fasilitas kesehatan itu disebut Pusat Klinik Komunitas Muslim Amerika (AMCC). Awalnya, klinik ini hanya akan dibuka pada hari Jumat saja. Namun para pejabat lokal meminta agar klinik bisa melayani pasien 3 sampai 5 hari dalam seminggu.

Ketua AMCC Atif Fareed mengatakan tujuan klinik ini adalah untuk melayani umat manusia tanpa pamrih. “Semua orang menyambut positif klinik ini. Kami memiliki lebih dari 40 dokter yang datang ke masjid kami, dan 11 dokter tetap yang sudah mendaftar untuk menjadi sukarelawan di sini,” ujar Fareed.

Pelayanan yang akan diberikan oleh klinik tersebut yakni perawatan kesehatan untuk warga setempat yang tidak memiliki asuransi dan hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka tergolong warga yang memiliki pendapatan kurang dari US$ 23.760 per tahun untuk seorang individu dan kurang dari US$ 48.600 untuk keluarga.

Selain itu, pemimpin lokal pun menyambut positif layanan kesehatan itu. Pasalnya, ratusan orang akan mendapatkan keuntungan dari program kesehatan itu.

“Kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk melayani masyarakat sebanyak mungkin. Layanan kami tidak harus dibatasi,” ujar Juru bicara Klinik Moazzam Adnan seperti dilansir dari publikasi saudigazette.

 

Pusat Klinik Komunitas Muslim Amerika (AMCC) menghabiskan biaya pembangunan sekitar 250 ribu USD untuk membeli dan merenovasi bangunan klinik dan ruang dokter. Di dalamnya terdapat dua ruang praktik dan ruang laboratorium. 

Umat Muslim di Florida hidup bersatu tanpa menghiraukan faksi-faksi yang ada di dalam Islam. Kuncinya adalah karena umat Islam Amerika khususnya Florida telah mempunyai tingkat imtelektual yang sangat tinggi dan memahami esensi Islam yang sebenarnya yaitu Islam yang rahmatan lil alamin.

Penganut Syiah dan Sunni datang ke masjid yang sama,  untuk berdoa bersama, tidak ada yang mempermasalahkan hal tersebut. Masyarakat Florida memiliki pendidikan yang baik sehingga mereka ingin hidup dalam damai.

Dengan adanya klinik untuk umat Muslim diharapkan dapat mewujudkan prinsip Islam yang harus saling berbagi dengan sesama meskipun berbeda keyakinan. Kebutuhan masyarakat lokal Florida untuk medis cukup besar. Oleh karena itu banyak diantara warganya yang menghimpun dana Pemerintah dan dana masyarakat, untuk menyalurkan kembali kebutuhan masyarakat itu sendiri. (nat/dbs)

 


Back to Top